Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif/Freepik.com
Health

20 Jenis Makanan Alami yang Bagus Jadi Obat Flu dan Batuk

Redaksi
Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:39
Bagikan

11. Ikan

Vitamin D membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Kandungan vitamin D dalam ikan berlemak seperti salmon dapat membantu menjaga tingkat darah yang optimal ketika tubuh tidak mengubah banyak vitamin dari sinar matahari. 

Menimbun vitamin D juga dapat membantu melawan kanker tertentu, memperkuat tulang, dan juga membantu penurunan berat badan.

12. Daging Domba 

Karena kandungan sengnya yang tinggi, daging domba merupakan salah satu makanan terbaik untuk mengatasi flu. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi seng pada awal pilek mempersingkat satu hari, dan mengonsumsi tablet pencegahan setiap hari mengurangi keparahannya. Pilihan bagus lainnya yang mengandung seng termasuk biji labu dan buncis.

Daging domba bisa mengobati obat flu dan batuk
Daging domba bisa mengobati obat flu dan batuk


13. Tomat

Tomat kaya akan antioksidan likopen dan sebuah penelitian dari The Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa suplementasi likopen selama delapan minggu menurunkan penanda stres oksidatif (ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang terjadi selama infeksi).


14. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sumber vitamin E, antioksidan kuat. Meskipun sebagian besar penelitian yang mengamati sifat anti-virus vitamin E telah dilakukan pada hewan, sebuah studi observasional yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa melengkapi makanan dengan 200 IU vitamin E per hari dapat secara signifikan mengurangi frekuensi dan tingkat keparahannya penyakit infeksi saluran pernapasan atas dan bawah. 


15. Air Mineral

CDC merekomendasikan untuk minum banyak air dan cairan bening lainnya untuk mencegah dehidrasi. Menjaga diri tetap terhidrasi dapat membawa dampak pada kelancaran pernapasan dan mencegah radang tenggorokan.


16. Coklat Hitam

Cokelat hitam mengandung alkaloid pahit yang disebut theobromine yang telah terbukti dalam beberapa penelitian dapat mengurangi peradangan akibat pilek, menurut Meyer.


17. Adas

Minyak esensial adas dapat memberikan aktivitas anti-virus dan anti-influenza. Adas juga mengandung komponen antivirus dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi peradangan, kata Gustashaw.

Adas bisa menjadi obat batuk alami
Adas bisa menjadi obat batuk alami

18. Beri

Sebuah studi dari Journal of International Medical Research menemukan bahwa ekstrak elderberry, khususnya, lebih efektif melindungi terhadap influenza dan meringankan keparahan virus pernapasan empat hari lebih cepat dibandingkan plasebo. 

19. Teh Hijau

Teh hijau penuh dengan antioksidan dan mengandung katekin, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh hijau juga dapat membantu menekan pertumbuhan virus.


20. Bit 

Bit mungkin terasa seperti tanah, tetapi bit memiliki manfaat kesehatan yang besar, terutama saat pilek atau flu. Bit mengandung antioksidan yang disebut betalains yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro