Ilustrasi/Thefiscaltime
Health

Alami Anxiety di Tempat Kerja? Begini Cara Mengatasinya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 Oktober 2023 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kecemasan atau anxiety di tempat kerja semakin menjadi kekhawatiran di dunia profesional yang serba cepat dan penuh tekanan saat ini.

Pekerja profesional  percaya bahwa stres berdampak buruk terhadap kinerja pekerjaan mereka, dan hampir setengahnya, sekitar merasakan hal serupa berdampak pada kesejahteraan mental mereka.

Anxiety bisa terjadi karena berbagai hal. Semisal saat Anda merasa cemas karena tenggat waktu yang semakin dekat atau merasa terbebani dengan beban kerja.

Karena itu, sangatlah penting untuk memahami dan mengelola perasaan ini demi kesejahteraan mental dan produktivitas secara keseluruhan.

Menurut Gallop Poll baru-baru ini, 62% mengalami stres terus-menerus di tempat kerja dan 33% karena lingkungan kerja menjadi penyebab hilangnya 5-30 menit kerja produktif per hari.

Laporan yang sama menyebutkan bahwa 10% pekerja merasa bahwa mereka bekerja di lingkungan di mana pekerja mengalami kekerasan fisik karena stres kerja dan 29% membentak rekan kerja mereka sementara 19% berhenti dari pekerjaan sebelumnya karena kecemasan terhadap lingkungan kerja. .

Dilansir dari Times of India, studi yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa kecemasan dan stres di tempat kerja menyebabkan setidaknya satu triliun hilangnya produktivitas setiap tahunnya.

Kecemasan di tempat kerja adalah sebuah tantangan, namun juga dapat dikelola. Dengan mengenali tanda-tandanya, bersikap proaktif dalam melakukan pendekatan, dan memprioritaskan perawatan diri, seseorang dapat menavigasi kompleksitas dunia profesional dengan lebih mudah dan percaya diri.

Peneliti medis menyarankan bahwa jika seseorang bergulat dengan kecemasan di tempat kerja, ada lima hal penting yang perlu diingat:

1. Akui dan terima kegelisahan​

Sanjay Garg, Konsultan Ilmu Kesehatan Mental & Perilaku, Rumah Sakit Fortis Anandapur, mengatakan langkah Pertama untuk Pemecahan Masalah adalah mengenali Masalahnya. Tidak apa-apa untuk merasa cemas. Menyangkal atau menekan perasaan ini sering kali dapat membuatnya semakin parah.

Kenali saat Anda merasa kewalahan atau stres dan terimalah bahwa perasaan tersebut wajar. Penerimaan ini adalah langkah pertama menuju mengatasi akar penyebab kecemasan.”

2. ​Membangun keseimbangan kehidupan kerja​

Sangat penting untuk memiliki batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Keseimbangan ini memungkinkan pengisian ulang secara mental dan emosional.

Baik itu menetapkan jam kerja tertentu, mengambil istirahat secara teratur, atau memastikan Anda memiliki waktu pribadi di malam hari atau akhir pekan, batasan-batasan ini dapat secara signifikan mengurangi perasaan kewalahan terus-menerus terkait pekerjaan.

3. Komunikasi terbuka adalah kunci​

Salah satu penyebab stres terbesar adalah perasaan terisolasi karena kecemasan. Berkomunikasi dengan rekan kerja atau atasan ketika merasa terbebani sangatlah bermanfaat. Mereka dapat menawarkan perspektif, solusi, atau sumber daya baru untuk membantu mengelola beban kerja.

Ingat, mencari bantuan bukanlah tanda kelemahan; ini adalah langkah proaktif menuju kesejahteraan mental yang lebih baik.

4. Latih konsentrasi dan meditasi

Latihan grounding, teknik pernapasan dalam, dan meditasi bisa sangat membantu dalam mengatasi perasaan cemas yang muncul saat itu juga. Bahkan hanya beberapa menit pernapasan terfokus atau perhatian penuh dapat mengatur ulang pola pikir dan mengurangi perasaan berlebihan.

5. ​Carilah bantuan profesional bila diperlukan​

Sadarilah bahwa perasaan cemas, terutama secara terus-menerus, bukanlah tanda kelemahan atau ketidakmampuan. Setiap orang, pada titik tertentu dalam kariernya, menghadapi pemicu stres yang mengganggu kesejahteraan emosionalnya. Berbicara dengan supervisor, sumber daya manusia, atau mencari konseling profesional dapat bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro