Peta Indonesia/Istimewa
Travel

10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia 2023, Indonesia Paling Murah

Mutiara Nabila
Rabu, 18 Oktober 2023 - 21:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biaya hidup di tiap negara berbeda-beda, bergantung pada perkembangan masing-masing negara. Biaya hidup diperlukan untuk mempertahankan tingkat kenyamanan tertentu di suatu negara.  

Biaya hidup mencakup kebutuhan dasar seperti biaya rumah, bahan makanan, pajak, dan perawatan kesehatan. Beberapa negara memiliki biaya hidup yang sangat tinggi, khususnya di wilayah sekitar kota-kota besar.

Misalnya, di Amerika Serikat, kota-kota seperti New York dan San Francisco mempunyai biaya hidup yang sangat tinggi, sementara daerah seperti pedesaan Mississippi, Kansas, atau Oklahoma memiliki biaya hidup yang lebih terjangkau.  

Beberapa negara memiliki biaya hidup yang sangat rendah, sehingga menjadikannya tujuan menarik bagi ekspatriat, pensiunan dan pengunjung dari negara lain yang tertarik untuk mengurangi pengeluaran mereka.

Biasanya, penghitungan biaya hidup dimulai dengan mencatat biaya berbagai kebutuhan, mulai dari sewa dan layanan kesehatan hingga harga makanan kecil di kota tertentu. 

Biaya-biaya tersebut kemudian dibandingkan dengan harga kebutuhan yang sama di lokasi dasar, seperti New York City, AS atau Praha di Republik Ceko. Terakhir, angka-angka untuk setiap wilayah di suatu negara dirata-ratakan untuk memungkinkan perbandingan antar negara.

Berikut ini 10 negara termurah untuk tinggal dengan perkiraan biaya per bulan mengutip Wealthy Gorilla:

10. Kamboja

Kamboja memiliki rata-rata biaya hidup per bulan senlai US$812 atau sekitar Rp12,8 juta per bulan. Negara ini terletak di pusat Asia Tenggara dengan luas sekitar 181.035 kilometer persegi, berbatasan dengan Thailand, Laos, Vietnam, dan Teluk Thailand.

Ibu kota Kamboja adalah Phnom Penh dengan jumlah penduduknya sekitar 16 juta orang. Secara keseluruhan, biaya hidup di Kamboja terhitung murah, masih di bawah US$1.000 per bulan.

Untuk menyewa apartemen studio kecil dengan satu kamar tidur di salah satu kota termurah di Kamboja, Sihanoukville, akan dikenakan biaya sekitar US$246 atau Rp3,8 juta per bulan. 

9. Thailand

Thailand adalah negara termurah kesembilan untuk ditinggali di dunia dengan rata-rata biaya hidup US$679 atau sekitar Rp10,7 juta per bulan. 

Thailand adalah negara yang terletak di tengah Asia Tenggara dan memiliki 76 provinsi dengan luas lebih dari 513.120 km persegi. 

Thailand adalah negara terbesar kelima puluh di dunia, dengan total populasi lebih dari enam puluh sembilan juta orang.

Untuk menyewa satu apartemen studio dengan satu kamar tidur di salah satu kota termurah, Udon Thani, akan dikenakan biaya sekitar US$199 atau sekitar Rp3,1 juta per bulan. 

8. Malaysia

Malaysia memiliki rata-rata biaya hidup sekitar US$588 atau setara dengan Rp9,3 juta per bulan untuk akomodasi dasar dan biaya hidup.

Seperti dua negara sebelumnya, Malaysia juga terletak di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Malaysia terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah federal, yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan menjadi dua wilayah.

Wilayahnya, Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur, mempunyai luas yang hampir sama dan total wilayah Malaysia adalah 330.803 km persegi dengan total populasi 31,6 juta orang dan Kuala Lumpur adalah ibu kotanya.

Saat memesan akomodasi, biaya yang akan dihabiskan adalah sekitar US$209 atau Rp3,3 juta per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di salah satu kota termurah, seperti Kota Kinabalu. 

7. Meksiko

Meksiko memiliki rata-rata biaya hidup US$587 atau sekitar Rp9,25 juta per bulan. Negara ini berada di bagian paling selatan Amerika Serikat.

Selain berbatasan dengan AS, negara ini juga berbatasan dengan Samudra Pasifik, Guatemala, Belize, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko.

Meksiko adalah negara terbesar kelima di benua Amerika, dengan luas sekitar 2.000.000 km persegi, dan negara bagian terbesar ketiga belas dengan populasi saat ini lebih dari 129 juta orang dan Mexico City adalah ibu kotanya.

Sebulan di apartemen studio satu kamar tidur, di salah satu kota termurah di Meksiko, Queretaro, akan dikenakan biaya sekitar US$256 atau Rp4 juta per bulan. 

6. Peru

Negara termurah keenam di dunia untuk ditinggali adalah Peru dengan biaya hidup rata-rata sekitar US$543 atau Rp8,5 juta per bulan. Negara berbahasa Spanyol ini layak untuk dicoba jika mencari tempat tinggal dengan harga yang murah.

Peru adalah sebuah negara yang terletak di bagian Barat Amerika Selatan, berbatasan dengan Ekuador, Kolombia, Brasil, Bolivia, Chili, dan Samudra Pasifik. 

Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 32,17 juta jiwa, yang tersebar di wilayah seluas 1.285.216 km persegi.

Ketika memesan akomodasi, biaya yang akan dihabiskan per bulan adalah sekitar US$198 aau Rp3,1 juta per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di pusat kota. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro