Berbicara tentang kopi di Kosta Rika berarti tertuju pada teknik chorreador. /roastycoffee.com
Health

Kopi Hitam Baik Diminum Saat Perut Kosong, Ini Alasannya

Redaksi
Jumat, 10 November 2023 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi telah menjadi gaya hidup yang melekat dalam keseharian masyarakat Indonesia bahkan Dunia.

Di Indonesia, kopi merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan yang mempunyai peran penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia, karena merupakan komoditas perkebunan ketiga terbesar setelah sawit dan karet dengan persentase kontribusi terhadap PDB perkebunan sebesar 16,15%.

Pada umumnya kopi khususnya kopi hitam dianggap membahayakan karena dapat meningkatkan asam lambung seseorang. Namun pada faktanya kopi memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat.

Dilansir Times Of India (10/11/2023) kandungan antioksidan dan nutrisi didalam kopi hitam memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang paling nyata dan banyak diakui adalah kopi hitam meningkatkan kewaspadaan mental dan meningkatkan fungsi kognitif, itulah sebabnya kopi selalu dikonsumsi sebagai penghilang rasa ngantuk.

Namun bukan hanya itu, masih banyak manfaat kopi khususnya kopi hitam yang wajib diketahui semua orang, terlabjh para pencinta kopi.

Untuk itu simak 8 alasan kopi hitam baik diminjm saat perut kosong dan pahami manfaatnya :

1. Meningkatkan Metabolisme

Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan alami yang meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh membakar kalori lebih efisien.

2. Meningkatkan Kewaspadaan Mental

Kafein dalam tubuh juga bertindak sebagai stimulan ringan untuk sistem saraf pusat, meningkatkan kewaspadaan mental dan fungsi kognitif tubuh.

Kopi hitam membantu otak untuk tetap aktif sehingga membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini juga menjaga saraf tetap aktif dan mencegah demensia.

3. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein dalam tubuh juga meningkatkan kadar adrenalin sehingga mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik. Hal ini dapat meningkatkan kinerja fisik saat olahraga.

4. Kaya Akan Antioksidan

Kopi hitam kaya akan antioksidan yang membantu menangani radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini berperan penting untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit kronis.

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Kafein dalam kopi hitam dapat meningkatkan pelepasan asam lemak dari jaringan lemak sehingga tersedia untuk penggunaan energi. Proses ini membantu penurunan berat badan dan dapat bermanfaat bila dikonsumsi sebelum olahraga.

6. Meningkatkan Pencernaan

Kopi hitam merangsang produksi asam lambung, yang membantu pencernaan.
Hal ini dapat membantu mencegah berbagai masalah pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

Penelitian telah membuktikan konsumsi kopi hitam secara teratur dapat menurunkan risiko pada beberapa penyakit. Penyakit yang dapat dicegah dengan konsumsi kopi hitam adalah diabetes tipe 2, Alzheimer dan penyakit kanker tertentu.

8. Mempromosikan Kesejahteraan Mental

Antioksidan dan senyawa bioaktif dalam kopi hitam diketahui memberikan efek positif yang menaikan mood seseorang.

Mengkonsumsi kopi hitam saat perut kosong dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan meningkatkan semangat. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro