Vitamin K
Health

Bahayanya Jika Tubuh Kekurangan Vitamin K dan Berapa Asupan Idealnya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 10 November 2023 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin K berperan untuk membantu pembekuan darah dengan baik.

Tubuh kita juga membutuhkan vitamin K untuk membantu menjaga kekuatan tulang. Selain pembekuan darah dan kesehatan tulang, vitamin K juga berperan penting dalam mencegah penyakit jantung.

Vitamin K mengaktifkan protein yang membantu mencegah pengendapan kalsium di arteri Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oncology Letters, pengobatan vitamin K2 secara positif dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan risiko terkena kanker prostat dan paru-paru.

Kekurangan vitamin K dalam tubuh Anda dapat menyebabkan pendarahan hebat, perkembangan tulang yang buruk, osteoporosis (tulang menjadi lemah dan rapuh), dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Namun, tanda-tanda ini mungkin tidak hanya terbatas pada kekurangan vitamin K saja.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk diagnosis yang tepat. Berikut beberapa makanan kaya vitamin K untuk menambah asupan Anda.

Penting untuk dicatat bahwa kekurangan vitamin K jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat. Biasanya hanya terjadi pada orang dengan malnutrisi parah atau malabsorpsi.

Vitamin K1 banyak ditemukan pada makanan nabati seperti sayuran berdaun hijau. Itu membuat sekitar 75–90% dari seluruh vitamin K yang dikonsumsi manusia.

Berikut jumlah vitamin K1 yang terdapat dalam 1 cangkir sayuran matang berikut ini: kangkung: 1.062 mcg; bayam: 889 mcg; lobak hijau: 529 mcg; brokoli: 220 mcg; kubis brussel: 218 mcg. Makanan lain yang kaya vitamin K1 termasuk selada es dan minyak seperti minyak kedelai dan minyak canola.

Vitamin K2 ditemukan dalam makanan fermentasi dan produk hewani, dan juga diproduksi oleh bakteri usus. Makanan kaya vitamin K2 termasuk produk susu berlemak penuh seperti mentega, daging babi, unggas seperti ayam dan kuning telur, serta makanan fermentasi.

Kandungan vitamin K2 pada 3,5 ons (100 gram) ayam (kaki/paha) adalah 60 mcg; keju lunak 57 mcg dan kuning telur 32 mcg.

Untuk orang dewasa berusia 19 tahun ke atas, asupan vitamin K harian yang disarankan adalah 120 mikrogram untuk pria dan 90 mikrogram untuk wanita. Hal ini dapat dengan mudah dicapai dengan menambahkan secangkir bayam ke dalam telur dadar atau membuat kuah palak-paneer atau palak-jagung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro