Ilustrasi sayuran yang mengandung vitamin K/Google1
Health

10 Makanan Mengandung Vitamin K Baik Untuk Kesehatan Tulang Hingga Tubuh

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Hampir semua makanan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan membantu menutrisi tubuh. Termasuk 15 jenis makanan ini yang mungkin tidak kamu ketahui kandungan vitamin K yang dimilikinya. 

Vitamin K merupakan sekelompok senyawa yang membantu pembekuan darah sehingga mencegah pendarahan berlebihan. Vitamin K terbagi menjadi vitamin k1 dan vitamin K2 yang didapatkan dari sayuran sayuran berdaun hijau dan juga daging, telur, hingga keju. 

Selain membantu pembekuan darah, Vitamin K juga mengaktifkan protein yang memperkuat tulang dan membantu pertumbuhannya, sehingga mengurangi risiko patah tulang.

Sebagai vitamin yang larut dalam lemak, vitamin K dari makanan paling baik diserap bila terdapat lemak atau minyak di lingkungan yang sama. Jadi ketika mengkonsumsi sayuran berdaun hijau pastikan sayuran tersebut di masak dengan minyak. 

Namun, ada orang yang perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan kaya vitamin K. Hal ini karena vitamin K mendukung pembekuan darah, jika seseorang sedang menjalani pengobatan untuk mencegah pembekuan, peningkatan asupan vitamin K secara tiba-tiba dapat mengganggu pengobatan. 

Tubuh memperlakukan vitamin K seperti lemak dan menyimpannya di hati dan jaringan lemak. Namun pada saat yang sama, tubuh tidak mampu memproduksi cukup vitamin K secara konsisten dan bergantung pada makanan yang dikonsumsi. 

Dilansir dari realsimple.com pada Kamis (2/11/2023), berikut beberapa makanan kaya vitamin K yang baik untuk tulang: 

1. Sawi

Mengkonsumsi sawi membantu memenuhi tubuh yang kekurangan vitamin K. Setengah mangkuk porsi sawi matang menyediakan lebih dari 400% DV vitamin K (530 mikrogram).

2. Bayam 

Jika kamu lebih menyukai sesuatu dengan rasa yang lebih lembut dan tidak terlalu pahit, semangkuk bayam mentah adalah pilihan lain yang mengandung 145 mikrogram vitamin K (121% dari DV).

3. Brokoli

Setengah mangkuk brokoli matang saja sudah mengandung 110 mikrogram vitamin K atau 92% dari DV.

Pasangkan dengan keju (lemak) untuk meningkatkan penyerapan vitamin K.

4. Kubis Brussel 

Kubis Brussel mengandung 78 mikrogram vitamin K dalam setengah mangkuk, yang memenuhi 65% dari DV. Kamu bisa memasaknya dengan memanfaatkan minyak seperti zaitun atau sesuai selera. 

5. Buah Plum

Jika kamu sudah mengkonsumsi buah plum dalam dosis harian untuk kesehatan usus, kamu akan senang mengetahui bahwa buah plum juga mengandung vitamin K. Mengkonsumsi enam buah plum mengandung 34 mikrogram atau 28% dari DV.

6. Lobak 

Lobak adalah cara yang sangat manis untuk mendapatkan 426 mikrogram vitamin K dalam porsi ½ mangkuk atau sama dengan 355% dari DV. 

7. Blueberry 

Mengkonsumsi blueberry mengandung minyak biji rami yang menguatkan jantung dan secangkir oat utuh. 2 mangkuk blueberry menawarkan banyak vitamin K. Terdapat 14 mikrogram vitamin K, yang merupakan 12% dari DV. 

8 Okra 

Di samping banyak sayuran sehat lainnya (seperti bawang bombay, paprika, dan bawang putih) mengkonsumsi ½ mangkuk okra dapat memenuhi vitamin K. ½ mangkuk okra mengandung 16 mikrogram vitamin K. 13% dari DV.

9. Peterseli

Menghias semangkuk sup dengan satu sendok makan peterseli segar memberi kamu 62 mikrogram, 50% dari kebutuhan vitamin K harian. 

10. Kacang Pinus 

Kacang pinus tidak hanya memberi rasa lezat tetapi juga menyediakan 15 mikrogram vitamin K, yaitu 13% dari DV.(Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro