Author

Gaery Undarsa

Co-founder & Chief Marketing Officer Tiket.com

Lihat artikel saya lainnya
Destinasi wisata di Thailand
Travel

Opini: Kebangkitan Pariwisata, Dari Gaya Hidup Hingga Pendorong Roda Ekonomi

Gaery Undarsa
Senin, 13 November 2023 - 19:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berwisata telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat. Berwisata yang dahulu dianggap sebagai gaya hidup tersier, kini telah berkembang menjadi suatu kebutuhan, menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk rehat dari rutinitas, menjelajahi berbagai destinasi mempesona dan menciptakan kenangan baru bersama orang - orang terdekat.

Terdapat lonjakan yang signifikan pada minat wisata masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19 dimana kondisi pariwisata semakin membaik dan kembali dibukanya berbagai akses wisata. Lihat di sekeliling kita, keluarga, teman, bergantian menikmati liburan. Fenomena rebound travel yang terjadi terjadi secara signifikan ini adalah imbas dari revenge tourism, di mana masyarakat banyak memendam kerinduan untuk berwisata.

Pemulihan sektor pariwisata yang semakin menguat juga terlihat dari kenaikan jumlah pergerakan wisatawan lokal dan kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia. Mengutip dari Kemenparekraf RI, kunjungan wisatawan Indonesia di semester pertama tahun 2023 naik 12,57% dibandingkan dengan 2022, juga jumlah kunjungan wisatawan mancanegara per Juli 2023 meningkat hingga 196,85%.

Tak hanya itu, Kemenparekraf RI juga melihat pertumbuhan positif dengan jumlah wisatawan mancanegara di tahun 2023 yang telah mencapai target awal, dari 7,4 juta kini direvisi hingga menjadi 8,5 juta, bahkan berpotensi untuk terus meningkat dan menyentuh 14 juta dengan musim liburan akhir tahun sebagai puncaknya.

Minat masyarakat yang terus tumbuh dalam sektor pariwisata juga turut tercermin dalam performa bisnis tiket.com. Pada Semester Pertama 2023, tiket.com mencatat transaksi pengguna meningkat sebesar 20% dan spending per customer meningkat 40% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

Tingginya antusiasme berwisata tidak lepas dari peran optimalisasi teknologi. Hadirnya teknologi membuka peluang yang tak tertandingi bagi pertumbuhan pariwisata. Teknologi membuka lebar jendela informasi. Kita bisa melakukan observasi tempat wisata sebelum melakukan perjalanan, sehingga dapat mempersiapkan kebutuhannya dengan lebih mudah. Teknologi juga yang mendorong demand berwisata semakin tinggi yang didukung oleh kehadiran media sosial menghadirkan sensasi fear of missing out (fomo).  

Platform online travel agent memegang peran penting dalam era modern, kehadirannya turut merubah lanskap perjalanan. Kami sebagai OTA memanfaatkan peran platform kami dalam memberikan efisiensi dalam perencanaan perjalanan wisata. Melalui platform, masyarakat dapat mengakses layanan pemesanan tiket untuk berbagai pilihan transportasi yang tak hanya membawa kita ke destinasi impian seperti pesawat maupun kereta api tapi juga moda transportasi seperti sewa mobil yang dapat membawa kita menjelajah destinasi tersebut. Lalu akomodasi yang lengkap mulai dari hotel hingga vila & apartment, termasuk aktivitas wisata di berbagai destinasi yang tersedia di ujung jari. Sehingga seluruh kebutuhan wisata dapat terpenuhi dengan hanya mengakses satu platform.

Di tengah tingginya antusiasme berlibur, masyarakat tentu ingin mendapatkan pengalaman yang holistik agar momen liburan yang sangat berharga ini semakin berkesan. Sudah menjadi kewajiban bagi kami sebagai OTA untuk dapat menyediakan solusi lengkap bagi kebutuhan wisata dan perjalanan masyarakat.

Saat ini, masyarakat membutuhkan kemudahan perencanaan untuk segala kebutuhan wisata mulai dari transportasi, akomodasi, hingga aktivitas wisata, sehingga masyarakat dapat merencanakan serta menikmati perjalanannya dengan mudah, aman, juga nyaman. Dengan mengoptimalkan teknologi, kami juga terus berupaya meningkatkan antusiasme masyarakat untuk berwisata dengan memberikan inspirasi perjalanan, mengadakan berbagai program promo yang dapat membantu masyarakat menyiapkan liburannya dengan lebih ekonomis, serta terus berinovasi dengan memperhatikan perkembangan tren dan kebutuhan masyarakat.

Momentum kebangkitan pariwisata ini juga menjadi motivasi bagi para seluruh pelaku industri pariwisata untuk terus memperkuat pertumbuhan sektor pariwisata. Baik bagi pelaku usaha wisata, travel agent bahkan termasuk para wisatawan, kita semua memiliki peran penting untuk menjaga atmosfer positif dan mendukung akselerasi industri pariwisata yang berkelanjutan. Semakin kuatnya industri pariwisata juga akan secara otomatis mendorong roda pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Gaery Undarsa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro