Ilustrasi/Zaoyangnews
Fashion

Spotlight 2023 Targetkan Transaksi Hingga Rp1,5 Miliar

Mutiara Nabila
Kamis, 16 November 2023 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Acara pameran dan pentas fesyen lokal yang digelar oleh Indonesia Fashion Chamber, Spotlight 2023, kembali digelar untuk yang kedua kalinya. 

Dalam acara ini, selain menampilkan busana-busana dari para desainer lokal terpilih, juga ada acara lain seperti workshop dan talkshow. 

Digelar selama tiga hari, mulai 16-18 November 2023 di Pos Bloc, Jakarta, acara ini menargetkan bisa meraup transaksi hingga Rp1,5 miliar

Vice Executive Chairman Indonesia Fashion Chamber Riri Rengganis menyebutkan, untuk tahun ini target jumlah pengunjung diharapkan bisa mencapai lebih dari 3.500 orang. 

"Berdasarkan Spotlight tahun lalu ada sekitar 3.500 pengunjung, tapi tahun lalu kan 4 hari, sekarang targetnya lebih tinggi lagi karena sudah lebih dikenal, tapi berhubung cuma 3 hari, kurang lebih segitu," sebutnya dalam konferensi pers, Kamis (16/11/2023). 

Sementara itu, dalam acara ini diramaikan pula oleh sekitar 50 brand UMKM yang terkurasi. Adapun, dari masing-masing brand diharapkan bisa meraup Rp20 juta - Rp30 juta. Sehingga secara keseluruhan bisa mencapai Rp1,5 miliar

"Transaksinya anggap saja 50 brand, kalau 1 brand ditarget Rp20 juta-Rp30 juta dikali 50, kurang lebih segitu, intinya targetnya semakin tahun semakin banyak dan sebanyak-banyaknya," imbuhnya. 

Namun, Riri melanjutkan, mengenai transaksi itu tidak selalu hanya terjadi saat pameran, tapi juga bisa terjadi setelah pameran dan bahkan bisa menghasilkan cuan lebih banyak. 

"Dari acara ini mungkin tidak mendatangkan uang yang luar biasa besar tapi eksistensi brand itu di sini akan panjang. Misalnya dari pameran ini bisa menciptakan omzet tadi, tapi sisanya PO penghasilan UMKM yang terlibat bisa lebih besar, karena yang datang tidak semua langsung belanja," paparnya. 

Pada Spotlight tahun ini, Riri menjelaskan, para pesertanya lebih banyak melakukan eksplorasi, tak hanya soal menggunakan bahan wastra, tapi juga ditambah dengan ide-ide lainnya. 

"Kalau tahun lalu kita fokus dengan penampilan karya-karya yang menggunakan wastra. Sekarang dikembangkan secara lebih mendalam dan lebih luas, bahwa yang namanya budaya tidak harus wastra, tapi juga ada inspirasi dari apapun yang terjadi di budaya Indonesia dari dulu sampai sekarang," jelasnya. 

Nah, bagi yang tertarik untuk menghadiri Spotlight 2023, pengunjung bisa masuk secara gratis, namun harus terlebih dahulu mendaftarkan diri atau registrasi melalui link yang tersedia di Instagram @spotlightindonesia_. 

Berbagai informasi lebih lanjut terkait dengan jadwal dan peserta fashion show juga bisa disimak di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro