Ribuan orang mengikuti Jakarta Marathon. /Bisnis.com
Health

Women Half Marathon Khusus untuk Wanita Digelar Perdana Tahun Depan

Mutiara Nabila
Rabu, 22 November 2023 - 18:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Seiring dengan pandemi yang telah berakhir, antusiasme masyarakat untuk olahraga di luar rumah semakin tinggi. Olahraga rutin juga telah menjadi tren saat ini, salah satunya dengan berlari. 

Antusiasme masyarakat untuk olahraga lari yang terus meningkat juga membuat acara-acara lari seperti marathon terus meningkat hingga 12 persen pada 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Namun, dari sekian banyak acara olahraga lari yang digelar di Indonesia, hanya sepertiga di antaranya adalah wanita. Pasalnya, kaum hawa kerap kurang nyaman ketika harus ikut acara perlombaan lari untuk umum. 

Dengan itu, ajang olahraga lari khusus perempuan Women Half Marathon (WHM) Jakarta digelar untuk pertama kalinya pada 28 April 2024 mendatang. 

Acara half marathon tersebut akan dilaksanakan di Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII), yang tak hanya menjadi acara olahraga lari, tapi uuntuk merangkul dan merayakan para pelari perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang. 

WHM Jakarta terdaftar dalam organisasi lari internasional World Athletic (WA) sehingga masuk kedalam agenda lomba dunia dengan mengikuti standar internasional. 

Dicky Sukmana, Penyelenggara WHM Jakarta mengatakan, keterwakilan perempuan dalam ajang lomba lari maraton konvensional masih sangat kurang. 

"Oleh karena itu, WHM Jakarta hadir menjadi wadah yang merayakan dan mendukung para pelari perempuan. Kami juga berharap WHM Jakarta dapat mengajak lebih banyak lagi perempuan di Indonesia ikut bergerak aktif dan menerapkan pola hidup sehat untuk tubuh dan mental yang kuat demi kesejahteraan yang lebih baik di masa depan," ungkapnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/11/2023). 

Claudia Inkiriwang, President Director, Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII), juga menegaskan bahwa TMII bisa menjadi tempat ideal penyelenggaraan WHM Jakarta, dengan wajah baru kini tidak hanya sekadar menjadi destinasi wisata, tetapi juga bisa menjadi wadah dan sarana edukasi yang memperkenalkan keragaman serta kekayaan budaya. 

Triyaningsih, Atlet Nasional serta Olympian pemegang 11 rekor nasional dan peraih 11 medali emas yang juga membagikan tips singkat untuk pelari perempuan dalam mempersiapkan diri menghadapi ajang unik ini. 

"Pertegas dan perkuat motivasi. Kemudian persiapkan fisik secara tepat dengan perhatikan asupan nutrisi serta cek dan monitor kesehatan. Pilih pakaian dan sepatu yang tepat. Lalu, tentu saja, kita perlu nikmati proses," imbuhnya. 

Selain acara utama  WHM Jakarta, juga akan ada serangkaian acara Road to WHM Jakarta selama empat bulan mulai bulan Januari 2024 untuk membantu peserta menyiapkan diri dengan matang, mulai dari fisik, mental, dan emosional.

Sebagai lomba lari half marathon, penyelenggaraan perdana WHM Jakarta kali ini menargeetkan akan diikuti oleh 5.000 peserta. Acara ini diharapkan mampu mendukung upaya pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan atletik wanita nasional untuk menemukan talenta terbaik dan atlet-atlet unggul dari dalam negeri yang nantinya dapat bersaing di kancah internasional.

WHM Jakarta akan dibuka hanya untuk peserta perempuan nasional mulai tanggal 3 Desember 2023 melalui website womenhalfmarathon.id dengan tiga kategori yang akan ikut dilombakan, yaitu 5 kilometer untuk umum dan remaja perempuan dengan dua kelompok usia 12-14 tahun dan 15-17 tahun, serta 10 kilometer dan 21,0975 kilometer (half marathon). 

Perlombaan WHM Jakarta ini akan dibanderol untuk kategori 5 kilometer adalah Rp350.000, 10 kilometer sebesar Rp375.000, dan half marathon adalah Rp450.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro