Sop Konro/dok. Erwin Tri Prasetyo
Kuliner

Jelajah Sinyal 2023: Gurihnya Santap Konro Bakar di Makassar

Annisa Kurniasari Saumi
Jumat, 1 Desember 2023 - 19:38
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Kota Makassar sejak dahulu dikenal dengan kekayaan kulinernya, salah satu diantaranya adalah Konro. 

Makanan khas berupa iga sapi ini biasanya disajikan dalam bentuk Sup Konro maupun Konro bakar yang sangat nikmat disantap di malam hari.

Melansir dari Portal Informasi Indonesia, Konro awalnya merupakan bagian tulang daging kerbau yang dipotong ketika terdapat acara adat. Sementara itu, Konro berbahan daging sapi baru dipopulerkan pada awal tahun 1990-an. 

Proses memasak konro juga cukup detail. Iga akan dimasak dengan suhu dan waktu yang tepat untuk mendapatkan daging yang empuk. 

Salah satu restoran yang menyediakan Konro di Kota Makassar ialah Konro Karebosi yang telah berdiri sejak tahun 1968. Nama ini diambil sesuai dengan lokasi awal restoran yang berada di pinggir Lapangan Karebosi. 

Resep Konro di restoran ini diwariskan oleh H. Hanaping kepada anak-anaknya yang membuat cita rasa sajian di Konro Karebosi masih sama. 

Restoran yang telah dipindahkan ke Jalan Gunung Lompobattang ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat maupun wisatawan Kota Makassar, meskipun hanya menyajikan 2 menu, yakni Sop Konro dan Konro Bakar. 

Sop Konro disajikan dengan kuah berwarna cokelat cenderung hitam, beserta dua ruas iga yang cukup besar. Sementara itu, Konro Bakar disajikan dengan saus kacang yang melimpah menutupi iga beraroma smoky yang khas.

Untuk menikmati seporsi Sop Konro ini pengunjung perlu merogoh uang sebesar Rp60.000 sedangakan Konro Bakar dijual seharga Rp61.000, untuk nasi dijual terpisah dengan harga Rp6.000.

Konro Karebosi saat ini juga telah melebarkan sayapnya hingga ke Ibu Kota. Restoran ini telah memiliki cabang di Summarecon Mall Bekasi dan Mall Kelapa Gading.

Sayangnya, restoran yang telah menjadi andalan masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Makassar ini belum menyediakan metode pembayaran digital, sehingga pengunjung perlu menyiapkan uang tunai sebelum berkunjung. (Nur Hikmah T. Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro