Manfaat kolagen bagi kulit dan kesehatan tubuh/Healthline
Health

5 Tips Menjaga dan Meningkatkan Kolagen Kulit

Redaksi
Senin, 11 Desember 2023 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan ikut menurun. Kolagen akan berkurang dengan kecepatan sekitar satu persen per tahun sejak usia pertengahan 20-an dan seterusnya.

Kolagen merupakan protein alami dalam tubuh yang berguna untuk menyusun kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen, serta memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Semakin berkurangnya produksi kolagen, akan berdampak pada kesehatan kulit, seperti kulit kendur, pori-pori besar, dan kerutan. Lantas, bagaimana cara untuk mencegah kehilangan kolagen dan meningkatkan produksi kolagen?

Simak beberapa tips untuk meningkatkan dan menjaga kolagen kulit:

1. Menggunakan tabir surya

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan produksi kolagen adalah dengan melindungi kulit dari sinar matahari. Penyebab nomor satu kerusakan kolagen adalah paparan radiasi ultraviolet atau sinar UV.

Sinar ultraviolet dapat merusak serat kolagen, yang menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Jadi, pastikan Anda mengoleskan tabir surya sebelum menghabiskan waktu di luar ruangan.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Anda juga dapat meningkatkan produksi kolagen dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi, seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan ikan. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam makanan ini dapat mendukung sintesis kolagen.

3. Menjaga hidrasi kulit

Salah satu cara meningkatkan kolagen secara efektif adalah dengan menjaga hidrasi kulit. Semakin terhidrasi kulit, maka semakin banyak ruang yang tersedia untuk kolagen dan elastin untuk berkembang.

4. Menggunakan retinoid

Vitamin A yang terkandung dalam retinoid bertindak seperti hormon dan mengirimkan pesan ke fibroblas pada dermis kulit dan memerintahkan mereka untuk aktif dan mulai membuat lebih banyak kolagen dan asam hialuronat.

Namun, jika retinoid tidak cocok untuk Anda, maka vitamin C juga telah terbukti mendukung sintesis kolagen.

5. Hindari merokok

Kebiasaan merokok dapat merusak pasokan kolagen alami tubuh. Merokok dapat menggerogoti protein dalam tubuh, sehingga dapat membatasi aliran darah dan menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro