Ilustrasi/bplans
Health

10 Menu Sarapan untuk Turunkan Berat Badan dan Tambah Otot

Redaksi
Rabu, 13 Desember 2023 - 13:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sarapan pagi adalah kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan dan menambah otot. 

Dengan sarapan Anda dapat meningkatkan metabolisme, membantu menjaga massa otot, menstabilkan kadar gula darah, mengatur nafsu makan, dan memberikan energi untuk berolahraga. 

Namun, memilih menu sarapan yang tepat cukup sulit diketahui. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja menu sarapan pagi yang cocok untuk diet dan menambah otot.

Dilansir dari Eat This, Not That! Destini Moody, RDN, CSSD, LD , simak 10 makanan sarapan untuk menurunkan berat badan dan menambah otot:

1. Telur 

Telur merupakan bahan dasar serbaguna serta lezat untuk menu sarapan yang mampu menurunkan berat badan. Selain itu, telur mengandung nutrisi penting seperti kolin dan vitamin B serta sebagai sumber protein dengan kualitas terbaik. Hal ini menjadikan telur pilihan utama untuk penambahan otot, karena pembentukan otot memerlukan asupan asam amino esensial yang konsisten.

2. Bacon Kanada

Dengan kandungan protein tinggi dan lebih rendah lemak dibandingkan bacon tradisional, bacon Kanada adalah pilihan sarapan yang baik bagi Anda yang ingin membentuk otot dan menurunkan berat badan.

3. Sosis Ayam

Memilih sosis berbahan dasar unggas tanpa lemak dibandingkan berbahan dasar daging dapat mengurangi asupan lemak secara keseluruhan sekaligus mempertahankan rasanya yang lezat. Sosis ayam menjadi alternatif untuk diet dan penambahan otot.

4. Gandum

Rekomendasi menu sarapan pagi yang menyehatkan dan cocok untuk diet dan menambah otot adalah gandum. Hal ini karena gandum mengandung tinggi serat.

Dengan demikian, mengkonsumsinya akan membuat rasa kenyang lebih lama dan membuat Anda tetap bertenaga sepanjang hari.

5. Yogurt Yunani

Yoghurt Yunani adalah krim dan kaya protein yang mengandung probiotik untuk kesehatan usus dan protein untuk pertumbuhan otot dan rasa kenyang.

6. Sereal Berserat Tinggi

Carilah sereal dengan tambahan gula minimal dan kandungan serat tinggi untuk mendukung kesehatan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang.

7. Pisang

Banyak yang beranggapan bahwa pisang bisa membuat gemuk. Tetapi faktanya, Jika dimakan dalam jumlah sedang, pisang menjadi makanan penurun berat badan yang sempurna dan menghentikan keinginan ngemil yang tidak tepat waktu dan tidak sehat yang menyebabkan penambahan berat badan. 

Selain itu, pisang adalah pembangkit tenaga energi dan merupakan makanan sebelum latihan yang sangat baik yang dapat Anda kunyah untuk berlatih lebih keras.

8. Kacang

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus membatasi diet dan memilih pilihan sarapan yang tidak terlalu berminyak. Tetapi pada saat yang sama, Anda juga perlu memastikan bahwa sarapan Anda memberi Anda energi yang optimal sehingga Anda dapat bekerja sepanjang hari. Itu sebabnya memasukkan kacang-kacangan ke dalam sarapan Anda adalah wajib.

Anda dapat memilih dari almond, kenari, pistachio, dan kacang mete. Tambahkan kacang ini ke yoghurt Anda untuk renyah yang lezat.

9. Apel

Menurut ahli gizi klinis Dr Lovneet Batra, makan buah-buahan terutama apel saat perut kosong, tidak hanya memiliki manfaat lain bagi kesehatan Anda tetapi juga membantu penurunan berat badan dengan cepat.

10. Muffin Inggris

Dengan karbohidrat kompleks dan serat, muffin Inggris dapat memberikan energi dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Taburi dengan telur, alpukat, atau selai kacang untuk sarapan seimbang dan lezat yang selaras dengan tujuan penurunan berat badan dan penambahan otot Anda. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro