Bubur ayam/Istimewa
Health

Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak-anak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 9 Agustus 2023 - 22:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sarapan seringkali terlupakan dan belum menjadi kebiasaan bagi anak-anak Indonesia.

Padahal sarapan sangat penting sebagai bekal energi tubuh untuk beraktivitas seharian sehingga memerlukan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Seringkali anak-anak tergesa-gesa untuk segera beraktivitas atau pergi ke sekolah sehingga tidak sempat sarapan untuk memenuhi kebutuhan gizinya, termasuk energi.

Apabila kebutuhan energi saat sarapan tidak terpenuhi akan berdampak pada fungsi memori anak terhadap pelajaran di sekolah.

Biasanya anak kurang bisa berkonsentrasi saat belajar karena otaknya tidak mendapatkan cukup energi. Selain itu, akan mempengaruhi pertumbuhan dan status gizi anak.

Data Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020 menunjukkan dari 25.000 anak usia 6-12 tahun di 34 provinsi terdapat 47,7 persen anak belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan.

Bahkan, 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum terpenuhi kebutuhan gizinya terutama asupan vitamin dan mineral.

Berdasarkan data Survei Status Gizi Nasional (SSGI) tahun 2022, prevalensi stunting di Indonesia di angka 21,6%. Angka tersebut masih tinggi, mengingat target prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14% sementara standard Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di bawah 20%.  

Di Indonesia, bubur ayam menjadi salah satu menu sarapan favorit orang Indonesia.

Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat.

Uniknya, bubur ayam juga memiliki kekhasannya masing-masing di daerah di Indonesia. Biasanya dilihat perbedaan dari bumbu dan topingnya.

Manfaat sarapan bubur ayam

1. Kebutuhan Serat Terpenuhi

Beberapa manfaat kesehatan terbesar dari bubur ayam berasal dari kandungan seratnya. Serat penting untuk membuat perut kenyang dan mencegah sembelit agar pencernaan tetap teratur. Serat larut dalam bubur juga mengikat kolesterol untuk mengeluarkannya dari tubuh, sehingga kadar kolesterol darah dapat dikontrol.

2. Kaya Akan Nutrisi

Bubur ayam memiliki kandungan kalsium dan fosfor, keduanya bermanfaat untuk kesehatan tulang. Menu sarapan ini juga kaya zat besi, mineral yang mendukung metabolisme tubuh dan memberi nutrisi pada sel darah merah. Vitamin B kompleks dalam jumlah banyak juga bisa kamu dapatkan dalam bubur ayam. Itulah sebabnya tubuh lebih berenergi setelah mengonsumsinya. 

3. Bisa Jadi Menu Diet

Jika kamu sedang diet, maka bubur ayam bisa jadi pilihan menu makanan. Bubur ayam bisa menyerap rasa dari bahan makanan lain yang kamu campurkan. Dengan begitu kombinasi makanan diet bisa lebih bervariasi.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah MS mengatakan bubur yang sehat biasanya mengandung  vitamin A, B1, B2, B6, dan B12. Bubur juga bisa menjadi sumber energi alami yang baik, aman dan nyaman untuk pencernaan. 

M.T Assyaukani, Marketing Director Super Bubur menambahkan, selain sehat dan bergizi, bubur juga mengandung berbagai vitamin serta tanpa bahan pengawet.

"Khusus untuk Super Bubur produk kami, memiliki cita rasa tradisional seperti kuah soto dan kuah kari serta dilengkapi bahan-bahan pelengkap lainnya seperti halnya bubur ayam pada umumnya," paparnya terkait produk Super Bubur yang meraih Penghargaan Inovasi Program Pangan dan Gizi pada acara International Symposium Food & Nutrition, Expo, and Awards (ISFANEA) 2023 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN), berkolaborasi dengan Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI).

Dia memaparkan, produk ini sekaligus menjadi jawaban bagi konsumen, terutama para ibu yang sering khawatir terhadap kegemaran anak-anak mengkonsumsi makanan instan yang dianggap kurang sehat terutama buat pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro