Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sarapan Pagi dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Studi baru menemukan bahwa kuncinya adalah makan lebih awal dari pukul 08:30, karena orang yang sarapan lebih awal memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah daripada orang yang makan lebih lambat.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 18 Oktober 2021  |  15:54 WIB
Sarapan Pagi dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Menu sarapan sehat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat terlalu banyak kadar gula dalam darah (glukosa darah tinggi). Diabetes secara umum dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Diabetes tipe 1 dan tipe 2.
 
Mengutip Alodokter, Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.
 
Sementara, Diabetes tipe 2 disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik.
 
Diabetes tipe 2 adalah jenis Diabetes yang lebih sering terjadi. Sekitar 90 hingga 95 persen penderita Diabetes di dunia menderita Diabetes tipe ini.
 
Tidak seperti Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 2 dapat dicegah, beberapa diantaranya dengan melakukan perubahan gaya hidup termasuk diet dan olahraga yang sekitar 50 persen efektif dalam mengurangi risiko Anda, menurut sebuah penelitian.
 
Jika Anda lebih suka makan di malam hari dibandingkan pada pagi hari, Anda mungkin akan mengubah pola makan Anda karena sebuah studi baru menemukan bahwa Sarapan pagi dapat mengurangi risiko terkena penyakit Diabetes tipe 2.
 
Melansir Express, Senin (18/10/2021), studi yang dipresentasikan pada pertemuan Endocrine Society, menemukan bahwa orang yang Sarapan lebih awal memiliki gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah.
 
Ini menganalisis data yang berhubungan dengan diet, glukosa dan insulin dari survei perwakilan nasional serta tes dari 10.575 orang dewasa.
 
Studi baru menemukan bahwa kuncinya adalah makan lebih awal dari pukul 08:30, karena orang yang Sarapan lebih awal memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah daripada orang yang makan lebih lambat.
 
Insulin adalah hormon yang dilepaskan dari pankreas yang memungkinkan glukosa dari aliran darah diambil oleh sel-sel tubuh.
 
Resistensi insulin, ketika hormon tidak efektif, yang berarti sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa dari darah, terkait dengan kurang olahraga dan obesitas.
 
Akibatnya, pankreas Anda mulai membuat lebih banyak insulin untuk membantu glukosa memasuki sel Anda. Ini berarti bahwa resistensi insulin berpotensi menyebabkan Diabetes tipe 2.
 
Studi sebelumnya menyarankan apa yang disebut makan dengan batasan waktu sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan metabolisme Anda.
 
Namun, studi baru ini menemukan bahwa resistensi insulin meningkat ketika seseorang makan dalam interval yang lebih pendek.
 
Berdasarkan bukti baru ini, makan lebih awal mungkin lebih bermanfaat daripada mengikuti “jendela makan” yang lebih pendek.
 
Cara lain yang berguna untuk menghindari risiko Diabetes tipe 2 adalah dengan olahraga.
 
Diabetes UK menekankan pentingnya menghabiskan lebih sedikit waktu untuk duduk karena sangat penting untuk mencegah kondisi ini.
 
Apa pun mulai dari jalan cepat hingga bergabung dengan kelas olahraga online dapat membuat perbedaan besar. Mengikuti diet rendah karbohidrat dan mengurangi gula juga dapat membantu meminimalkan risiko.
 
Diabetes tipe 2 adalah kondisi seumur hidup. Setelah Anda didiagnosis, Anda mungkin harus mulai minum obat dan mengubah pola makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes sarapan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top