Simak cara agar lebih mudah bangun pagi cepat/sleepfoundation
Health

7 Tips Sehat agar Cepat Bangun Pagi

Redaksi
Kamis, 21 Desember 2023 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Siklus tidur dan bangun yang terganggu menyebabkan kualitas tidur yang lebih rendah. Tidak mendapatkan istirahat yang cukup dapat membuat seseorang mudah tersinggung , lelah, pelupa, dan tidak fokus. 

Bangun pagi mungkin terlihat alami dan mudah bagi sebagian orang, namun bagi sebagian lainnya, perlu waktu untuk menjadi rutinitas yang stabil. 

Bangun pagi juga memiliki manfaat kesehatan mental yang sangat baik. Bangun pagi akan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan sehingga kita merasa siap untuk menjalani hari. 

Simak 7 tips bangun pagi hari:

1. Batasi penggunaan ponsel

Lupa waktu akibat bermain ponsel sebelum tidur dapat menyebabkan otak menjadi terjaga lebih lama. Beberapa jam sebelum rutinitas waktu tidur, cobalah untuk mengurangi paparan cahaya dari ponsel. Terlalu banyak cahaya buatan juga dapat mengurangi produksi melatonin.


2. Perhatikan waktu makan sebelum tidur

Gangguan pencernaan bisa menghambat jam tidur. Sebaiknya, batasi ngemil sebelum tidur. Terlalu banyak minum di malam hari juga bisa membuat Anda terbangun di tengah malam untuk ke kamar mandi yang akan mengganggu tidur.

3. Konsisten dengan rutinitas

Menjaga waktu tidur yang konsisten untuk membantu Anda agar tetap sesuai dengan rutinitas. Jam internal tubuh Anda akan mengenali kapan waktunya untuk bersantai karena Anda memiliki waktu tidur yang konsisten.


4. Olahraga setiap hari

Olahraga dapat melawan tidur yang berlebihan, karena terkadang saat kita kurang menggerakkan tubuh, kita merasa tidak perlu tidur karena sudah istirahat terus-menerus. 

5. Bersikaplah konsisten

Memiliki waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten sangat penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Jika memiliki cukup tidur dan memiliki jam tidur yang sama setiap malamnya, akan membantu untuk lebih mudah bangun keesokan paginya. Kualitas tidur juga akan meningkat seiring tubuh menyesuaikan diri dengan jadwal baru ini.

6.  Memiliki rutinitas malam

Menciptakan rutinitas malam yang penuh dengan kebiasaan santai akan membantu tidur lebih nyenyak dan membuat bangun dipagi hari tidak terlalu sulit. Pikirkan tentang apa yang dibutuhkan pikiran dan tubuh untuk rileks. Dapat berupa membaca, melakukan peregangan, atau bermeditasi.


7. Berusahalah untuk mendapatkan tidur yang cukup

Salah satu alasan mengapa orang yang bangun pagi merasa berenergi untuk bangun pagi adalah karena mereka mendapatkan tidur yang cukup. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7–9 jam setiap malam untuk menjaga tubuh dan menyimpan energi untuk keesokan harinya. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro