Media sosial/istimewa
Health

5 Alasan Anda Harus Menjaga Privasi Hidup, Menurut Psikologi

Redaksi
Jumat, 22 Desember 2023 - 10:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Media sosial membuat banyak orang terlalu banyak membagikan aktivitas kehidupan kesehariannya.

Sehingga merahasiakan kehidupan telah menjadi konsep yang langka.

Namun, apabila Anda berbicara dengan konselor dan pakar, semua akan menyarankan agar Anda harus menjaga beberapa aspek privasi kehidupan.

Melansir Times of India, berikut beberapa alasan psikologis mengapa Anda harus menjaga privasi yang sangat penting untuk kesejahteraan mental.

1. Tidak semua orang adalah temanmu

Secara psikologis, manusia adalah makhluk sosial dengan kecenderungan alami untuk membentuk koneksi. Namun, tidak setiap koneksi sama dengan persahabatan yang tulus.

Berbagi detail intim kehidupan Anda dengan orang lain tanpa pandang bulu mengundang penilaian, kritik dan saran yang tidak perlu.

2. Anda tidak perlu menjelaskan apapun kepada siapa pun

Pikiran manusia sering bergulat dengan kebutuhan akan persetujuan dan validasi sosial. Psikologi mengajarkan kita bahwa terus-menerus menjelaskan atau membenarkan pilihan hidup kepada orang lain dapat menyebabkan disonansi kognitif, ketidaknyamanan mental yang timbul dari keyakinan yang saling bertentangan.

Menjaga privasi hidup Anda membebaskan Anda dari beban penjelasan yang tidak perlu, memungkinkan Anda untuk menyelaraskan tindakan Anda dengan nilai-nilai Anda tanpa tekanan eksternal.

3. Anda akan memiliki ketenangan pikiran

Mepaparkan detail kehidupan pribadi Anda terus menerus dapat menyebabkan tingkat stres dan kecemasan yang meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa menetapkan batas-batas pribadi dan membatasi berbagi informasi dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kesejahteraan mental. Dengan menciptakan batasan antara kehidupan pribadi Anda dan pengawasan eksternal, menumbuhkan rasa kontrol dan ketenangan.

4. Lebih aman untuk menjaga privasi Anda

Studi psikologis menekankan pentingnya keselamatan dan keamanan kesehatan mental. Mengungkapkan terlalu banyak tentang kehidupan pribadi Anda di media sosial, dapat menyebabkan berbagai risiko, seperti pencurian identitas, cyberbullying, atau perhatian yang tidak diinginkan.

5. Memiliki hubungan yang lebih baik

Kualitas daripada kuantitas adalah prinsip psikologis yang meluas ke hubungan interpersonal. Semakin kecil circle yang Anda miliki akan semakin berkualitas juga hubungan di dalamnya.

Privasi akan membuat Anda menjadi lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dan menumbuhkan koneksi yang lebih mendalam seperti orang-orang yang benar-benar Anda percayai dan pedulikan. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro