Air dingin
Health

7 Manfaat Minum Air Dingin, Salah Satunya untuk Detoksifikasi

Redaksi
Jumat, 22 Desember 2023 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Percaya atau tidak, ternyata ada begitu banyak manfaat minum air dingin untuk tubuh salah satunya menyegarkan dan memuaskan dahaga.

“Minum air dingin adalah kebiasaan umum bagi banyak orang, terutama selama hari-hari musim panas atau setelah berolahraga berat, karena air dingin membantu Anda merasa segar,” ujar ahli gizi Nupuur Patil.

Melansir dari Health Shots, Nupuur Patil menyebut ada beberapa manfaat lain dari mengonsumsi air dingin.

1. Membuat tetap terhidrasi

“Air dingin lebih menyegarkan dan dapat meningkatkan asupan air Anda secara keseluruhan dibandingkan dengan air hangat.” papar Patil.

Selain itu, air dingin juga dapat membantu mengurangi masalah keringat dan mencegah risiko dehidrasi. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik untuk menunjang kesehatan dan menghindari fluktuasi pencernaan serta suhu tubuh.

2. Peningkatan metabolisme

Air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara signifikan di mana para peneliti Jerman mengungkapkan mengonsumsi enam cangkir air dingin setiap hari dapat membakar sekitar 50 kalori per hari, hal ini setara dengan jumlah yang kalori yang terbakar jika berjalan kaki selama 15 menit menjadikannya berkontribusi pada penurunan berat badan efektif dan sehat.

3. Detoksifikasi tubuh Anda

Air dingin dianggap sangat efektif untuk mendetoksifikasi tubuh dengan membuang racun dan mencegah penumpukannya, yang dapat memiliki efek buruk pada kesehatan Anda. Namun, untuk mendapatkan manfaat detoks ini, sangat penting untuk mempertahankan hidrasi yang tepat.

4. Pemulihan pasca latihan

Setelah berolahraga berat, tubuh Anda mungkin mengalami peradangan otot dan peningkatan suhu tubuh.

Patil berkata, "Air dingin membantu mendinginkan tubuh Anda dan mengurangi suhu inti, mengurangi panas berlebih dan membantu pemulihan otot pasca latihan (atau bahkan sebelum latihan)."

Anda juga dapat menghabiskan waktu di bak mandi es setelah olahraga agar tubuh Anda sembuh lebih cepat dan mengurangi rasa sakit.

5. Pereda nyeri

Menurut Patil, “Ini bisa efektif dalam mengurangi sakit kepala dan migrain dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kepala, sehingga menghilangkan rasa sakit.”

Namun, Anda harus berhati-hati, karena air dingin dapat memperburuk ketidaknyamanan jika Anda memiliki sakit tenggorokan, nyeri haid, atau menderita achalasia, suatu kondisi yang menghambat perjalanan makanan melalui kerongkongan.

6. Membuat kulit bercahaya

Mencelupkan wajah Anda ke dalam air es menenangkan iritasi, mengencangkan pori-pori Anda, memperbaiki keseluruhan kulit kulit Anda, dan mengurangi kemerahan, bengkak, dan bengkak.

Oleh karena itu, air dingin dapat meningkatkan kesehatan kulit dalam beberapa cara. Faktanya, minum air dingin juga dapat membantu meminimalkan pori-pori, memberikan kulit bercahaya alami.

7. Meningkatkan kewaspadaan

Minum air dingin juga dikenal dapat membantu Anda lebih fokus. Patil berkata, "Air dingin dapat memberikan dorongan energi yang cepat dan meningkatkan kewaspadaan, menjadikannya pilihan yang sangat baik ketika Anda harus tetap terjaga dan fokus." (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro