Air dingin
Health

Benarkah Air Dingin Bisa Bikin Gemuk dan Berbahaya untuk Ginjal?

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 9 Juni 2022 - 12:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air dingin sering dituduh menjadi penyebab berbagai kondisi dan penyakit.

Salah satunya adalah banyak orang yang percaya bahwa air dingin bisa menyebabkan gemuk dan berbahaya untuk ginjal.

RA Adaninggar,dr,SpPD melalui akun Instagram @drningz menegaskan bahwa keduanya hanyalah mitos.

Air dingin memang bisa bikin gemuk jika isinya tinggi kalori, seperti gula, susu, krim dan diminum setiap hari. Jika air mineral dingin biasa, maka tidak berpengaruh pada kegemukan.

"Suhu air berapa pun yang Anda minum jika sudah masuk ke lambung maka suhunya akan berubah mengikuti suhu tubuh. Jadi, air dingin yang diminum tidak akan tetap dingin yang katanya akan menggumpalkan lemak dan lain-lain. Air dingin juga tidak akan menganggu aliran darah," papar dokter Ning dalam akun instagramnya.

Lantas, yang menjadikan seseorang gemuk adalah apabila kalori yang masuk dengan kalori yang keluar tidak seimbang, jika lebih banyak kalori yang masuk dibanding yang keluar maka kelebihan kalori tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh. Itulah yang membuat seseorang menjadi gemuk dan buncit.

Selama air dingin tersebut kosong dan tidak memiliki kalori maka tidak akan menambah kalori dalam tubuh. Jika tidak ingin gemuk maka seimbangkan kalorinya, atur porsi makanan, atur pola makan, atur jenis makanan dan imbangi dengan kalori yang keluar yaitu dengan olahraga rutin

Begitu pula dengan penyakit ginjal, yang lebih berpengaruh pada kesehatan ginjal adalah kualitas air yang berupa kandungan ion atau logam serta volume air sesuai kebutuhan tubuh harian. Jadi, jika minum air dingin tidak akan berbahaya untuk ginjal karena tidak ada hubungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro