haid atau menstruasi - sumber foto: pexels.com
Health

Hindari Makanan Ini Saat Sedang Menstruasi

Redaksi
Kamis, 28 Desember 2023 - 21:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat menstruasi maka tubuh akan kehilangan darah dan mengalami perubahan hormonal yang cepat. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi banyaknya nutrisi.

Dilansir dari Flo Health, setiap wanita mengalami beberapa gejala menstruasi seperti kram, kelelahan dan sakit punggung. Gejala tersebut dapat dikontrol dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Simak makanan dan minuman yang harus dikonsumsi dan dihindari saat menstruasi untuk mencegah rasa nyeri:

1. Ikan salmon

Kaya akan asam lemak omega-3, ikan ini dikenal dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, yang dapat mengendurkan rahim dan melawan kram. Dianjurkan untuk mengonsumsi salmon untuk mendapatkan protein berkualitas tinggi dan banyak vitamin B.

2. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan paling populer untuk dimakan selama menstruasi karena mengandung antioksidan dan magnesium. Namun, penting diingat untuk mengonsumsi coklat dalam jumlah yang tidak berlebihan karena coklat pun mengandung gula dan kafein.

3. Oatmeal

Oat adalah biji-bijian yang kaya akan kalsium dan vitamin A dan B, yang merupakan sumber zat besi yang baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan zat besi yang ditemukan dalam oatmeal sangatlah tinggi sehingga dikaitkan dengan risiko gejala menstruasi yang lebih rendah.

4. Semangka, buah ara, dan plum

Gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan ini dapat memuaskan hasrat akan sesuatu yang manis. Selain itu, buah-buahan ini kaya akan vitamin yang dapat membantu mengatasi kembung. Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga mengurangi pembengkakan dan kembung.

5. Jeruk

Jeruk, lemon, dan limau mengandung serat dan vitamin C dan dapat meredakan perubahan suasana hati dan kembung. Sementara itu, kandungan airnya yang tinggi juga membuat tubuh tetap terhidrasi. 

Air lemon mampu atasi mual dan kelelahan akibat menstruasi.

6. Telur

Zat besi, nutrisi yang larut dalam lemak, vitamin B, asam lemak esensial, dan protein dalam kuning telur memberikan manfaat yang luar biasa untuk nyeri ketika menstruasi. Namun hindari telur rebus jika perut Anda sensitif, karena telur rebus dapat menyebabkan gas, kembung, dan mulas.

7. Kamomil

Minuman ini dapat membantu mengendurkan saraf dan rahim. Sehingga mampu untuk mengurangi keparahan kram, mengurangi stres dan kecemasan, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.

Pada saat yang sama, cobalah untuk menghindari makanan berikut ini agar tidak memperparah rasa sakit yang muncul ketika menstruasi

8. Makanan yang diproses

Makanan kaleng, daging olahan, dan makanan yang terbuat dari bahan kimia serta pengawet dapat memperburuk kembung pada perut. Kadar natrium yang tinggi tidak menyehatkan dan dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit selama menstruasi.

9. Permen dan makanan ringan

Cobalah untuk menghindari camilan manis. Makanan manis berpengaruh terhadap kembung dan gas, sekaligus menyebabkan lonjakan gula darah dalam jangka pendek. Kadar gula yang tinggi dalam waktu singkat pasti akan menyebabkan kerusakan yang semakin parah.

10. Alkohol

Saat sedang menstruasi, kurangi atau bahkan hindari konsumsi minuman beralkohol. Hilangnya darah pada saat menstruasi, membuat tubuh lebih rentan terhadap efek samping alkohol, hal ini juga akan memperburuk kelelahan dan meningkatkan aliran menstruasi.

11. Makanan pedas

Makan makanan pedas bisa menambah gas dan kembung pada perut.  Sebaiknya pilih makanan sehat seperti rempah-rempah yang mengandung sifat anti inflamasi, antikanker, dan antihipertensi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro