Serai bermanfaat sebagai obat herbal./Istimewa
Health

10 Kandungan Serai yang Baik untuk Kesehatan, Ini Cara Membuat Teh Serai

Redaksi
Minggu, 31 Desember 2023 - 20:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Serai digunakan sebagai obat tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di Indonesia, serai sering digunakan untuk bahan masakan dan untuk menambah kelezatan.

Salah satu cara paling populer untuk mengonsumsi serai adalah dengan teh. Serai mengandung banyak manfaat bagi tubuh, sehingga sering dipakai sebagai bahan baku membuat teh.

Simak manfaat dari teh serai yang didapat dari kandungan nutrisi di dalamnya:

1. Mengandung antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan yang perlu diperhatikan adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel-sel di dalam arteri koroner.

2. Mengandung antimikroba

Teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikrobanya. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak serai memiliki kemampuan antimikroba terhadap bakteri yang berpengaruh pada kerusakan gigi.

3. Membantu penurunan berat badan

Teh serai digunakan untuk meningkatkan metabolisme, yang juga mampu membantu menurunkan berat badan. Senyawa polifenol dan kandungan kafein dalam serai meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

4. Membantu mengurangi kecemasan

Serai merupakan herbal yang dapat membantu meredakan kecemasan dan stres. Mencium aroma serai dapat mengurangi kecemasan hingga stres. 

manfaat serai
manfaat serai

5. Melindungi kesehatan jantung dan kolesterol

Serai secara tradisional digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, dan mengatasi penyakit jantung. Serai mengandung quercetin, flavonoid yang dikenal memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang melindungi kesehatan jantung. Selain itu, membantu dalam mengelola masalah kolesterol tinggi.


7. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Serai adalah perawatan pertumbuhan rambut efektif yang dapat membantu membuka sumbatan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Serai kaya vitamin A dan C, yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut, sehingga mengonsumsi teh serai secara teratur dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok. 

8. Baik untuk penderita diabetes

Teh serai telah terbukti sangat bermanfaat dalam mengobati diabetes tipe 2. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan citral di dalamnya membantu menjaga tingkat insulin optimal dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.


9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh serai membantu memulihkan sistem vital yang berfungsi dalam tubuh, termasuk pencernaan, pernapasan, ekskresi, dan sistem saraf. Ekstrak serai memiliki efek menguntungkan pada inflamasi sitokin, yang merupakan molekul pemberi sinyal yang mampu merespons tubuh.


10. Mengobati gangguan pernafasan

Teh serai telah banyak digunakan dalam pengobatan batuk dan pilek. Kandungan vitamin C yang ada membantu meredakan hidung tersumbat, flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma.

manfaat teh serai
manfaat teh serai


Cara mudah membuat teh serai

Bahan-bahan:

* 4 gelas air

* 1 cangkir serai

* 1 sdm madu


Cara pembuatan:

1. Bersihkan serai dengan air. Lalu, potong kecil-kecil.

2. Rebus air.

3. Masukkan potongan serai ke dalam air, dan biarkan hingga mendidih selama 10 menit. 

4. Setelah air mendidih, daun serai akan memudar. 

5. Saring teh.

6. Tambahkan madu sebagai pemanis.

7. Teh serai siap disajikan.

Teh serai memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi teh serai juga memiliki beberapa efek samping. Orang yang rentan mungkin akan mengalami alergi seperti ruam kulit atau gatal-gatal pada kulit setelah minum teh serai. 

Serai yang mampu melancarkan aliran menstruasi juga dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Bagi penderita penyakit liver dan ginjal sebaiknya menghindari minum teh serai. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro