Serai bermanfaat sebagai obat herbal dan bisa menyembuhkan batuk./Istimewa
Health

10 Manfaat Serai Bagi Kesehatan

Ileny Rizky
Senin, 24 Oktober 2022 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Serai dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Hanya dengan dijadikan teh, bumbu untuk sup, maupun bumbu mie ayam, Anda sudah dapat merasakan khasiat serai.

Simak 10 manfaat serai bagi kesehatan:

1. Mengurangi risiko kanker

Kandungan citral yang dimiliki oleh serai berkhasiat sebagai antikanker yang kuat terhadap beberapa lini sel kanker.

Bahkan, Teh serai terkadang digunakan sebagai suatu terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Tentunya hal ini perlu dilakukan dibawah bimbingan ahli onkologi.

2. Menurunkan berat badan

Teh serai dapat dimanfaatkan sebagai minuman detoks untuk  membantu menurunkan berat badan.  

Secara umum, mengganti minuman ringan dan minuman manis lainnya dalam diet Anda dengan teh herbal seperti serai dapat membantu  mencapai tujuan penurunan berat badan. 

3. Mengurangi tekanan darah sistolik

Sebuah studi observasional  pada tahun 2012 yang dilakukan pada 72 sukarelawan pria, mereka diberikan teh serai atau teh hijau untuk diminum.

Studi ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa mereka yang meminum teh serai mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan sedikit peningkatan tekanan darah diastolik. Mereka juga memiliki detak jantung yang jauh lebih rendah.

4. Menurunkan kolesterol

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak minyak serai  dapat membantu menurunkan kolesterol pada hewan. Sebagai catatan, penurunan kolesterol tersebut tergantung pada dosis.

5. Meringankan nyeri haid

Teh serai digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi nyeri akibat kram menstruasi, kembung, dan hot flashes. 

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Teknologi & Penelitian Farmasi menyebutkan bahwa minyak serai bermanfaat dalam membantu mendinginkan tubuh.

6. Sebagai diuretik

Serai dikenal sebagai diuretik dalam dunia kesehatan alami. Diuretik ini bermanfaat untuk membantu memperlancar buang air dan membersihkan tubuh dari kelebihan cairan maupun natrium. 

Bahkan para ahli medis sering meresepkan diuretik pada pasien yang mengalami gagal jantung, gagal hati atau edema.

7.  Menyehatkan pencernaan

Air serai dapat meningkatkan kesehatan pada pencernaan. Oleh karenanya, serai sering dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, hingga masalah pencernaan lainnya.

Bahkan, sebuah studi pada tahun 2012 yang dilakukan kepada hewan pengerat (tikus) didapati suatu kesimpulan bahwa minyak esensial yang berbahan dasar daun serai dapat membantu melindungi lapisan perut dari kerusakan akibat aspirin dan etanol.

Penggunaan aspirin secara teratur merupakan salah satu dari penyebab umum timbulnya tukak lambung.

8. Kaya akan antioksidan

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan Journal of Agriculture and Food Chemistry, disimpulkan bahwa serai mengandung beberapa antioksidan.

Kandungan ini mampu  membantu menangkal radikal bebas pada tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

9. Mengurangi risiko sakit jantung

Peradangan dianggap berperan dalam banyak kondisi, termasuk penyakit jantung dan stroke. Menurut Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering,  kandungan senyawa Citral dan Geranial dalam serai bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Dua kandungan senyawa ini diyakini mampu membantu menghentikan penyebab peradangan tertentu di tubuh.

10. Mengobati sakit gigi

Serai yang memiliki sifat antimikroba menjadikannya berkhasiat dalam mengobati infeksi pada mulut dan mampu mengobati sakit gigi.

Bahkan berdasarkan hasil studi pada tahun 2012, didapati bahwa minyak atsiri yang berbahan dasar serai memiliki manfaat dalam melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro