Istana Grassalkovich, Slovakia/welcometobratislava.eu
Travel

Ini Dia 10 Negara Termuda di Dunia, Ada yang Baru 13 Tahun

Mutiara Nabila
Kamis, 4 Januari 2024 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, terdapat 195 negara yang diakui di dunia. Meskipun banyak dari negara-negara ini telah ada selama berabad-abad, namun negara-negara baru masih terus terbentuk di era modern.  

Faktanya, semua negara termuda di dunia dalam daftar ini baru berusia 30 tahun. Bahkan negara termuda di urutan teratas daftar ini, baru akan merayakan hari jadinya yang ke 13 tahun ini.

Hampir semua negara dalam daftar ini terbentuk ketika mereka mendeklarasikan kemerdekaannya dari negara tetangga yang berkuasa.

Beberapa negara telah berkembang pesat sejak memperoleh kedaulatannya, sementara yang lain masih berjuang untuk bisa bangkit berdiri sendiri.

Mengutip oldest.org, berikut ini 10 negara termuda di dunia:

10. Kroasia

Tahun Didirikan: 25 Juni 1991

Ibukota: Zagreb

Tipe Pemerintahan: Republik Konstitusional Parlementer Kesatuan

Populasi Saat Ini: 3.901.165 (sampai 2021)

Kroasia, secara resmi Republik Kroasia adalah negara di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara. Kroasia mendeklarasikan kemerdekaannya pada 25 Juni 1991, setelah pembubaran hubungannya dengan Yugoslavia.  Namun Kroasia terus memperjuangkan kemerdekaannya selama empat tahun dalam Perang Kemerdekaan.

Perang tersebut akhirnya berakhir pada 1995 ketika Kroasia melancarkan dua serangan besar yang dikenal dengan Operasi Flash dan Operasi Badai. 

Meskipun Kroasia menghadapi tantangan rekonstruksi pascaperang, negara ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Saat ini, Kroasia diklasifikasikan oleh Bank Dunia sebagai negara dengan perekonomian berpendapatan tinggi dan menduduki peringkat sangat tinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia. Selain itu, Kroasia juga menjadi tujuan wisata yang populer.

9. Slovakia

Tahun Didirikan: 1 Januari 1993

Ibukota: Bratislava

Tipe Pemerintahan: Republik Konstitusional Parlementer Kesatuan

Populasi Saat Ini: 5.464.060 (sampai 2020)

Slovakia adalah bagian lain dari bekas Cekoslovakia, yang memperoleh kedaulatannya bersama dengan Republik Ceko pada 1993. Cekoslowakia pertama kali dibentuk setelah Perang Dunia I dan pembubaran Austria-Hongaria. 

Sejak menjadi negara sendiri, Slovakia telah menjadi negara maju dengan perekonomian berpendapatan tinggi yang maju, dan menduduki peringkat sangat tinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia.

Slovakia juga memiliki kinerja yang baik dalam pengukuran kebebasan sipil, kebebasan pers, kebebasan internet, pemerintahan demokratis, dan perdamaian.

8. Republik Ceko

Tahun Didirikan: 1 Januari 1993

Ibukota: Praha

Tipe Pemerintahan: Republik Konstitusional Parlementer Kesatuan

Populasi Saat Ini: 10.701.777 (sampai 2021)

Republik Ceko, juga dikenal sebagai Czechia, dibentuk pada 1993 setelah pembubaran Cekoslovakia. Seperti banyak negara di kawasan Eropa ini, Republik Ceko telah diperintah oleh berbagai kerajaan.

7. Eritrea

Tahun Didirikan : 27 April 1993

Ibukota: Asmara

Tipe Pemerintahan: Republik Presidensial Satu Partai Kesatuan di bawah Kediktatoran Totaliter

Populasi Saat Ini: 3.638.097 (sampai 2022)

Eritrea, atau secara resmi Negara Bagian Eritrea, adalah sebuah negara di kawasan Tanduk Afrika. Perang Kemerdekaan Eritrea berlangsung selama tiga dekade hingga Eritrea memperoleh kemerdekaan de facto pada tahun 1991. Eritrea kemudian memperoleh kemerdekaan de jure pada tahun 1993 setelah referendum kemerdekaan.

6. Palau

Tahun Didirikan: 1 Oktober 1994

Ibukota: Ngerulmud

Tipe Pemerintahan: Republik Konstitusional Presidensial Kesatuan di bawah Demokrasi Non-Partisan

Populasi Saat Ini: 17.907 (sampai 2018)

Palau, atau secara resmi disebut Republik Palau, adalah sebuah negara kepulauan di Pasifik Barat. Seperti banyak negara kepulauan di Pasifik, Palau pernah dijajah oleh bangsa Eropa pada abad ke-16.

Setelah Perang Dunia II, Palau, bersama beberapa negara Kepulauan Pasifik lainnya, berada di bawah kendali Amerika Serikat.

Setelah menjadi wilayah Amerika selama beberapa dekade, Palau diberikan kedaulatan penuh pada 1994 berdasarkan Perjanjian Asosiasi Bebas dengan Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro