Buah Mangga
Health

15 Makanan Kaya Vitamin E, Dukung Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Jantung

Mutiara Nabila
Sabtu, 6 Januari 2024 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin E mungkin tidak sepopuler vitamin penting lainnya, vitamin D dan C, tetapi vitamin ini memainkan peran penting dalam kesehatan manusia.  

Vitamin ini juga merupakan nutrisi penting, artinya tubuh tidak dapat memproduksinya, dan kita perlu mendapatkannya melalui makanan. 

Melansir Shape.com, menurut Pedoman Diet Amerika 2020-2025 pria dan wanita berusia 14 tahun ke atas membutuhkan 15 miligram per hari, meskipun tidak disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin E kecuali Anda mengalami kekurangan.

Mengapa? Menurut ahli diet terdaftar dan instruktur seni kuliner nabati di Institute of Culinary Education di Los Angeles, Connie Elick, suplemen yang tidak perlu dapat menyebabkan masalah jantung. 

Hal ini juga dapat menyebabkan efek samping yang merugikan seperti mual dan gangguan pencernaan, berinteraksi secara negatif dengan obat-obatan, dan meningkatkan risiko pendarahan.  

Sebaliknya, yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi dari makanan yang kita makan sehari-hari. Tapi di mana Anda bisa menemukannya?  

Berikut ini daftar makanan dengan Vitamin E yang bisa kita konsumsi sehari-hari:

1. Minyak kemiri

Dengan kandungan vitamin E sebesar 6 miligram per sendok makan atau sekitar 40 persen dari kebutuhan asupan harian yang direkomendasikan, minyak kemiri adalah sumber vitamin E yang sangat baik. 

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau biasa kita kenal dengan kuaci mungkin kecil, tetapi manfaatnya cukup besar. Satu porsi setengah cangkir menyediakan sekitar 25 miligram vitamin E, yang setara dengan kebutuhan sehari-hari. 

3. Sayuran sawi

Untuk menambah vitamin E dengan cepat, tambahkan sawi ke dalam porsi makan sehari-hari. Dalam satu cangkir, kita bisa mendapatkan 0,8 miligram vitamin E, yang jumlahnya tidak banyak, tetapi setiap jumlah kecilnya berarti. 

4. Selai kacang

Lembut dan mengenyangkan, selai kacang adalah sumber vitamin E serbaguna, dengan hampir 2 miligram Vitamin E dalam satu sendok makan. 

5. Asparagus

Kita bisa mendapatkan hampir 2 miligram vitamin E di setiap cangkir asparagus.

6. Kacang almond

Dengan sekitar 7 miligram vitamin E per ons (atau 23 buah), almond adalah sumber nutrisi yang luar biasa.  Mereka juga menawarkan protein nabati dan lemak anti-inflamasi, yang membantu penyerapan vitamin E.

7. Bayam

Satu cangkir bayam mentah mengandung 0,6 miligram vitamin E. Namun, karena bayam menyusut drastis saat dimasak, mudah untuk menambahkan beberapa cangkir bayam ke dalam sup, semur, dan cabai.  

8. Labu halus

Untuk meningkatkan asupan vitamin E, tambahkan pure labu ke dalam resep Anda. Satu cangkir pure labu kalengan mengandung hampir 3 miligram Vitamin E.  

9. Paprika merah

Jika lain ingin makan camilan gurih yang lebih sehat, paprika merah bisa jadi pilihan. Kombinasinya renyah dan memuaskan serta mengandung vitamin E, dengan hampir 2 miligram per buah ukuran sedang.

10. Alpukat

Buah hijau merupakan sumber vitamin E, satu buah alpukat mengandung sekitar 4 miligram nutrisi. 

11. Ikan Salmon

Salmon menyediakan 3 miligram vitamin E per 3 ons porsi dan bisa diolah menjadi makanan yang menggugah selera seperti dengan cara dipanggang dan disajikan bersama sayur-sayuran favorit. 

12. Kacang pinus

Bahan pokok dalam saus pesto, kacang pinus mengandung hampir 2 miligram vitamin E per 1 ons porsi. Kacang ini juga bisa menjadi tambahan yang enak untuk salad.  

13. Daun bit

Lain kali Anda membeli bit, jangan buang daunnya, yang mengandung 0,5 miligram vitamin E per cangkirnya.  Gunakan daun bit sama seperti sayuran daun lainnya, seperti untuk campuran dalam salad atau ditumis. 

14. Minyak gandum

Satu sendok makan minyak gandum mengandung 20 miligram vitamin E, yang mana melebihi kebutuhan sehari.  Namun, jika dipanaskan dapat mengurangi kandungan nutrisinya, jadi sebaiknya gunakan dalam keadaan dingin atau dalam masakan mentah.  

15. Mangga

Selagi musim, selain berair dan manis, mangga juga merupakan makanan kaya vitamin E. Buah tropis ini menawarkan sekitar 3 miligram per buah, menurut data dari USDA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro