Vitamin E
Health

Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh, Benarkah Membuat Gemuk?

Redaksi
Jumat, 18 Agustus 2023 - 12:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Vitamin E adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini dapat ditemukan dalam bahan makanan alami dan juga dalam suplemen makanan buatan. 

Manfaat penting vitamin E adalah sifat antioksidannya yang bisa menangkal radikal bebas. Dilansir dari Harvard School of Public Health (18/8/2023), vitamin E memiliki kemampuan untuk mencegah produksi radikal bebas dan baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Kebutuhan harian akan vitamin E untuk orang dewasa di atas 14 tahun adalah 15 miligram. Jumlah ini bisa dipenuhi dari diet harian yang sehat dan seimbang atau rutin mengonsumsi suplemen. 

Terdapat miskonsepsi yang beredar dan mengatakan bahwa vitamin E, terutama yang didapat dari suplemen multivitamin bisa meningkatkan berat badan dan membuat seseorang menjadi gemuk. Namun, klaim ini tidak benar.

Mengutip dari layanan kesehatan Filipina Unilab (18/8/2023), vitamin dan suplemen multivitamin tidak memiliki korelasi dengan peningkatan berat badan. Hal ini karena vitamin, termasuk vitamin E, tidak mengandung kalori sama sekali.

Berat badan bisa meningkat karena asupan kalori yang berlebih dengan diet yang tidak sehat. Selain itu, gaya hidup juga berperan dalam menambah berat badan.

Jika dikaitkan dengan sistem metabolisme, vitamin E membantu dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh. Secara tidak langsung, metabolisme yang baik akan meningkatkan nafsu makan. Namun, kondisi ini tidak mengakibatkan kegemukan selama asupan kalori tidak berlebihan. 

Vitamin E jarang menimbulkan dampak negatif yang signifikan, bahkan saat dikonsumsi berlebihan. Justru, vitamin ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Simak khasiat dan manfaat vitamin E:

1. Mengontrol Kolesterol

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol di dalam darah. Vitamin E juga mengandung senyawa yang bisa menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol. 

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Vitamin E terbukti bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan kardiovaskular karena memiliki efek antioksidan. Vitamin ini bisa membantu mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan trombosit.

3. Menyehatkan Kulit

Vitamin E banyak digunakan dalam perawatan kulit karena terbukti bisa meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Vitamin E akan menyehatkan kulit sekaligus juga mengurangi peradangan. 

4. Menyeimbangkan Hormon

Vitamin E berperan dalam menyeimbangkan hormon dengan cara meningkatkan kinerja kelenjar endokrin yang memproduksi hormon dan sistem saraf. Keseimbangan hormon sangat penting, salah satunya untuk mengubah kalori menjadi energi dan menjaga berat badan yang sehat.

5. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Vitamin E dapat menyehatkan kulit kepala dan membuat akar rambut lebih kuat sehingga rambut tumbuh dengan kuat. Selain itu, vitamin E juga bisa memperbaiki kualitas rambut dan menstimulasi agar rambut tumbuh cepat dan sehat. (Maretha Uli)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro