Konsumsilah makanan sehat agar terhindar dari diabetes. Jadikan pola hidup sehat menjadi resolusi 2024/Freepik
Health

Resolusi 2024, Simak 10 Cara Mencegah Diabetes dan Tetap Sehat

Novita Sari Simamora
Senin, 8 Januari 2024 - 11:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit diabetes, maka bisa mencoba 10 tips hidup sehat agar gula darah terkontrol dan jadikan pola hidup sehat menjadi resolusi 2024.

Dilansir dari Hindustan Times, Senin (8/1/2024), kebiasaan gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko terkena diabetes secara signifikan. Jangan lupa untuk melakukan pola gaya hidup sehat pada tahun ini.

“Di dunia yang serba cepat saat ini, diabetes telah menjadi masalah kesehatan yang umum dan menyerang orang-orang dari segala usia. Namun, menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat sejak dini dapat mengurangi risiko terkena diabetes," ucap dokter Navneet Agrawal, Chief Clinical Officer, BeatO.

Simak 10 cara untuk mencegah penyakit diabetes pada 2024:

1. Pertahankan pola makan seimbang

Pola makan seimbang yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat dapat membantu mengatur kadar gula darah. Hindari makanan dan minuman manis berlebihan, camilan olahan, dan makanan berlemak tinggi.

2. Tetap aktif

Aktivitas fisik teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat tetapi juga meningkatkan sensitivitas insulin. Usahakan untuk melakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang, seperti jalan cepat atau bersepeda, per minggu, bersamaan dengan aktivitas penguatan otot.

3. Kontrol ukuran porsi

Perhatikan ukuran porsi untuk menghindari makan berlebihan. Kebiasaan ini dapat mencegah penambahan berat badan dan menjaga indeks massa tubuh (BMI) yang sehat, yang penting dalam pencegahan diabetes.

4. Kelola stres

Stres kronis dapat berkontribusi pada pilihan gaya hidup yang tidak sehat dan resistensi insulin. Latih teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dalam untuk mengelola stres secara efektif.

5. Dapatkan tidur yang berkualitas

Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang bertanggung jawab mengendalikan nafsu makan dan kadar gula darah. Usahakan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malam untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

cara mencegah diabetes
cara mencegah diabetes

6. Batasi waktu pemakaian perangkat

Waktu menatap layar yang berlebihan, terutama di depan televisi dan komputer, dapat menyebabkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Dorong aktivitas luar ruangan, hobi, dan interaksi sosial untuk mengurangi waktu menatap layar dan mendorong gerakan fisik.

7. Tetap terhidrasi

Minum banyak air sepanjang hari membantu menjaga fungsi tubuh tetap optimal, termasuk pengaturan gula darah. Gantilah minuman manis dengan air putih, teh herbal, atau infused water untuk alternatif yang lebih sehat.

8. Hindari tembakau dan batasi alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan meningkatkan risiko diabetes dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Hindari tembakau sepenuhnya dan batasi asupan alkohol hingga tingkat sedang (hingga satu gelas per hari untuk wanita dan hingga dua gelas per hari untuk pria).

9. Pemeriksaan kesehatan secara berkala

Pemeriksaan kesehatan rutin, termasuk pemantauan glukosa darah, dapat membantu mendeteksi tanda-tanda pradiabetes atau resistensi insulin sejak dini. Intervensi tepat waktu dan perubahan gaya hidup dapat mencegah perkembangan diabetes.

10. Disiplin terhadap diri Anda sendiri

Setiap orang wajib memahami faktor risiko, gejala, dan komplikasi yang terkait dengan diabetes memberdayakan individu untuk membuat keputusan mengenai kesehatan mereka. Tetap terinformasi dan mendidik orang lain di komunitas Anda tentang pentingnya pencegahan diabetes dan hidup sehat.

Anda bisa mencegah diabetes di usia muda, dengan pendekatan holistik yang memadukan pola makan sehat, olahraga teratur, manajemen stres, dan tidur yang cukup. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini sejak dini, seseorang dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena diabetes dan menjalani hidup yang lebih sehat dan memuaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro