Manfaat matahari bagi manusia, hewan dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari./Freepik
Health

14 Manfaat Matahari bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Annisa Sulistyo Rini
Senin, 15 Januari 2024 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Matahari adalah bintang terdekat dari bumi yang berfungsi sebagai pusat tata surya. Sebagai sumber kehidupan, berikut manfaat matahari bagi manusia, hewan, dan tumbuhan.

Dilansir dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) matahari memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan manusia karena fungsinya sebagai pusat gravitasi dan mendominasi pergerakan benda-benda di tata surya.

Selain itu, radiasi matahari memberikan sumber cahaya dan panas serta menjadi sumber energi utama bagi makhluk hidup di bumi. Tanpa matahari, seluruh makhluk hidup tidak dapat hidup.

Adapun, matahari terdiri dari lapisan-lapisan. Lapisan yang terdalam disebut inti matahari. Di bawah ini daftar nama lapisan matahari:

Lapisan Matahari

  • Inti matahari
  • Zona Radiatif (proses transfer energi)
  • Zona Konveksi
  • Fotosfer atau permukaan matahari
  • Kromosfer
  • Korona

Setelah membahas mengenai apa itu matahari dan lapisannya, mari kita beranjak ke manfaat matahari bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

Manfaat Matahari bagi Manusia

Manfaat sinar matahari bagi manusia
Manfaat sinar matahari bagi manusia

Berikut beberapa manfaat sinar matahari bagi manusia dikutip dari buku Pengelolaan Sumber Daya Alam yang ditulis oleh Iswandi U. dan Indang Dewata:

  1. Membantu Proses Pengeringan
    Pengeringan pakaian usai dicuci akan lebih cepat dengan panas dari matahari. Tidak hanya pengeringan cucian, panas matahari juga dapat dimanfaatkan untuk proses pengeringan kerupuk, ikan asin, dan proses panen garam.
  2. Membantu Proses Terbentuknya Hujan
    Hujan sangat bermanfaat bagi kehidupan, salah satunya mengatasi kekeringan dan menyediakan sumber air. Matahari bermanfaat dalam proses hujan, yaitu dengan menguapkan permukaan air hingga menguap dan mengkristal membentuk awan. Setelah awan terbentuk, matahari terus menyinari hingga membuat awan kembali mencair dan turun hujan.
  3. Membantu Beristirahat dengan Baik
    Seseorang yang terpapar sinar matahari selama kurang lebih 6 jam setiap hari, akan menjadi segar pada petang hari, terutama yang terkena sinar matahari di sore hari. Hal ini berdasarkan dari beberapa sumber.
    Semakin larut, manusia akan merasa mengantuk seiring dengan terpapar cahaya lampu atau cahaya buatan lain, dan membantu beristirahat dengan baik.
  4. Membantu Penerangan
    Dengan cahaya matahari, manusia bisa melihat lingkungan sekitar. Tanpa cahaya matahari, dunia akan gelap gulita sehingga manusia tidak bisa melihat apapun yang ada di sekitarnya.
  5. Menghasilkan Energi Listrik
    Matahari dapat menghasilkan energi listrik yang dipergunakan untuk menerangi malam hari. Energi listrik yang berasal dari matahari atau surya ini lebih ramah lingkungan ketimbang energi fosil dan bersifat energi terbarukan karena tidak terbatas.

Manfaat Matahari bagi Tumbuhan

Manfaat matahari bagi tumbuhan - Freepik
Manfaat matahari bagi tumbuhan - Freepik

Tak hanya penting bagi manusia, manfaat sinar matahari bagi tumbuhan di dunia juga sangat beragam. Simak daftarnya di bawah ini:

  1. Dibutuhkan dalam Proses Fotosintesis
    Proses fotosintesis yang menghasilkan oksigen membutuhkan cahaya matahari. Tanpa adanya matahari, tumbuhan di bumi akan mati dan pada akhirnya kehidupan bisa musnah karena tidak ada suplai oksigen dari tumbuhan.
  2. Membantu Pertumbuhan Bunga dan Daun
    Energi dari cahaya matahari dapat membantu pertumbuhan bunga dan daun tanaman. Warna merah yang terdapat pada gelombang matahari akan diserap oleh tumbuhan dan hal ini berdampak pada pertumbuhan bunga. Tanaman yang terkena paparan sinar matahari akan cepat berbunga serta tumbuh tinggi dan lebat.
  3. Sumber Nutrisi Tumbuhan
    Tumbuhan yang mendapatkan cahaya matahari memiliki energi dan nutrisi yang lebih baik ketimbang dengan tumbuhan yang disimpan di dalam ruang tertutup atau yang diberi cahaya buatan.
  4. Membantu Proses Pertumbuhan Kecambah
    Apabila kecambah kekurangan cahaya matahari, tanaman akan kering, tidak subur, dan memiliki daun berwarna kuning pucat serta tipis.
    Kecambah akan lebih maksimal dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan dan zat energi ketika mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
  5. Menjaga Suhu Tumbuhan
    Jika suhu tumbuhan rendah, proses penguapan akan menjadi lama dan membuat tanaman mati lemas. Sebaliknya, apabila suhu terlalu tinggi, proses penguapan akan cepat sehingga tanaman kering. Oleh karena itu, dibutuhkan matahari untuk menjaga suhu tumbuhan tetap seimbang.

Manfaat Matahari bagi Hewan

Buaya memanfaatkan sinar matahari untuk menjaga suhu tubuh - Freepik
Buaya memanfaatkan sinar matahari untuk menjaga suhu tubuh - Freepik

Matahari tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan energi bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, tetapi juga berperan penting untuk kehidupan hewan di alam. Berikut manfaat matahari bagi hewan yang dilansir dari National Wildlife Federation:

  1. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat
    Suhu badan hewan berdarah dingin, seperti reptil, amfibi, dan ikan, tergantung pada kondisi temperatur lingkungan sekitarnya.
    Saat matahari bersinar, tubuh hewan-hewan itu terpapar sinar dan suhu tubuh menghangat, sehingga bisa menjadi aktif. Namun, saat suhu lingkungan dingin, hewan-hewan tersebut akan menyimpan energi mereka dan menjadi tidak aktif.
  2. Menjaga Perut Kenyang
    Hewan berdarah panas membutuhkan sejumlah energi dalam jumlah yang besar. Saat hewan berdarah panas merasa dingin, mereka harus memproduksi panas dengan memproses makanan ke energi.
    Banyak hewan yang makan utamanya daun, buah, dan bunga sebagai sumber energi. Nah, matahari sangat penting bagi tanaman supaya bisa tumbuh dan menghasilkan makanan bagi hewan-hewan itu.
  3. Menyediakan Tempat Berlindung
    Beberapa jenis hewan hidup di pohon atau menggunakan bagian tanaman untuk membangun sarang. Pohon dan tanaman mendapatkan sumber energi dari matahari. Dengan demikian, matahari membantu hewan untuk membangun rumah di pohon atau dari tanaman.
  4. Penunjuk Arah
    Hewan tidak memiliki sistem GPS yang modern seperti manusia. Oleh karena itu, para hewan menggunakan matahari sebagai petunjuk arah atau navigasi dalam proses migrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro