Penyakit X Diprediksi Sebabkan 50 Juta Kematian./ Dok Hindustan Times
Health

Duh, Penyakit X Diprediksi Akibatkan 50 Juta Kematian

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 17 Januari 2024 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar kesehatan global memperingatkan adanya pandemi baru, yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia disebut sebagai 'Penyakit X', yang bisa 20 kali lebih mematikan dibandingkan Covid-19 dan berpotensi merenggut 50 juta jiwa.

Ancaman yang mengancam ini dapat menyerang kapan saja dan kemungkinan besar akan memiliki dampak yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pandemi Covid-19, yang membuat dunia lengah pada awal tahun 2020.

Kate Bingham, yang memimpin Satuan Tugas Vaksin Inggris pada tahun 2020, telah memperingatkan agar tidak berpuas diri karena Covid-19 dipandang sebagai penyakit yang “sebagian besar dianggap sebagai penyakit rutin”.

"Biar saya jelaskan begini: pandemi flu tahun 1918 menewaskan sedikitnya 50 juta orang di seluruh dunia, dua kali lebih banyak dari jumlah korban tewas dalam Perang Dunia I." ujarnya dilansir dari Express.

Dia mengatakan para ahli memperkirakan jumlah kematian yang sama disebabkan oleh salah satu dari sekian banyak virus yang sudah ada.

Saat ini, terdapat lebih banyak virus yang sibuk bereplikasi dan bermutasi dibandingkan gabungan semua bentuk kehidupan lain di planet kita.

Dia mengungkapkan bahwa saat ini, para ilmuwan mengetahui ada 25 keluarga virus, yang berisi ribuan serangga mengerikan yang dapat menjadi penyakit di seluruh dunia.

Perkiraan menunjukkan ada sekitar satu juta lebih serangga tak dikenal di luar sana, yang mampu berpindah dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, dengan kekuatan menakutkan untuk memusnahkan jutaan orang.

Menurut Kate, pandemi yang menjadi lebih umum bukan hanya tentang “nasib buruk yang terjadi secara acak”. Dia menyebutkan tiga alasan utama di balik hal ini – globalisasi, kota menjadi terlalu padat, dan penggundulan hutan – menciptakan “kondisi ideal” bagi serangga untuk berpindah antar spesies.

"Kita perlu mengambil langkah pertama dalam menangani pandemi berikutnya saat ini - dan itu melibatkan penyediaan dana. Namun hanya ada sedikit bukti bahwa kita siap mengeluarkan dana yang sebanding untuk melindungi diri kita dari virus yang sebenarnya. - virus yang dapat membunuh kita. Kerugian moneter akibat tidak adanya tindakan sangatlah besar. Bahkan Covid-19 - virus yang lebih ringan dibandingkan Penyakit X - berhasil membuat kita harus menanggung kerugian sebesar $16 triliun baik dalam bentuk output yang hilang maupun pengeluaran kesehatan masyarakat. " paparnya.

Kate menekankan pentingnya menyiapkan serangkaian "prototipe vaksin yang berbeda untuk setiap kelompok virus yang mengancam" sebelum pandemi lain melanda. Dengan keunggulan ini, vaksin dapat dengan cepat diadaptasi untuk “menargetkan ciri-ciri yang sangat spesifik dari Penyakit X”, yang menurutnya “bukan tidak mungkin sama sekali”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro