Inggris Temukan Virus Kasus Pertama Flu Manusia Mirip Flu Babi. Partikel virus flu babi (influenza tipe A subtipe H1N1)/NIAID
Health

Inggris Temukan Virus Kasus Pertama Flu Manusia Mirip Flu Babi

Redaksi
Rabu, 29 November 2023 - 01:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris telah mendeteksi kasus pertama flu pada manusia dengan jenis A(H1N2)v yang ternyata mirip dengan virus flu babi.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan kasus tersebut terdeteksi sebagai bagian dari pengawasan rutin flu nasional yang sumber penularannya tidak diketahui.

“Ini pertama kalinya kami mendeteksi virus ini pada manusia di Inggris, meskipun sangat mirip dengan virus yang terdeteksi pada babi,” kata direktur insiden UKHSA Meera Chand dilansir dari CNA, Selasa (29/11/2023).

Kontak dekat dari kasus ini sedang ditindaklanjuti oleh otoritas kesehatan, kata pernyataan itu dan menambahkan bahwa situasinya dipantau dengan peningkatan pengawasan di ruang operasi dan rumah sakit di North Yorkshire, sebuah wilayah di Inggris utara.

Pada 2009, pandemi flu babi pada manusia menginfeksi jutaan orang. Penyebabnya adalah virus yang mengandung materi genetik dari virus yang beredar pada babi, burung, dan manusia.

UKHSA mengatakan bahwa berdasarkan informasi awal, infeksi yang terdeteksi baru-baru ini di Inggris berbeda dari 50 atau lebih kasus strain virus corona pada manusia lainnya yang ditemukan di tempat lain secara global sejak tahun 2005. (Syahra Fauzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro