Definisi Cantik Bagi Perempuan Indonesia, Apa Itu?/Stylecaster
Entertainment

Definisi Cantik Bagi Perempuan Indonesia, Apa Itu?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 30 Januari 2024 - 17:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cantik itu relatif, karena makna cantik bagi masing-masing orang berbeda.

Lantas apa arti “cantik” bagi wanita Indonesia saat ini? Ternyata, memiliki kulit wajah yang mulus dan glowing juga berpenampilan baik atau well-dressed menjadi tiga syarat cantik versi wanita Indonesia.

Berdasarkan temuan dari ZAP Beauty Index 2024, sebanyak 63,4% wanita Indonesia merasa cantik bila memiliki wajah mulus, glowing, dan well-dressed.

Dari persentase tersebut, kulit wajah yang mulus mendapatkan perolehan 30,7%, sementara kulit wajah yang glowing mewakili 16,3% pendapat wanita Indonesia terkait arti cantik.

Survei ZAP Beauty Index tahun ini melibatkan 9.000 wanita Indonesia berusia 15-65 tahun.

Terkait definisi cantik, dari hasil survei itu, hampir seluruh (98,9%) wanita Indonesia sepakat bahwa kulit putih tak lagi menjadi standar kecantikan masa kini.

Namun, ada sejumlah kondisi kulit yang jadi kekhawatiran para wanita.

Lebih dari separuh atau sebanyak 53,8% wanita Indonesia merasa memiliki kulit kusam, 49,3% wanita mengeluhkan pori-pori kulit wajah yang besar, dan 34,1% wanita merasa memiliki mata panda atau lingkar hitam di area mata.

Sementara itu, 29,5% wanita Gen Z atau kelahiran tahun 1997-2012 mulai merasakan tanda penuaan dini yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2024, CEO dan Founder ZAP Group Fadly Sahab mengatakan, dengan temuan ZAP Beauty Index dan MEN/O/LOGY Index dirinya berharap dapat membuka diskusi tentang perawatan diri yang rupanya telah menjadi bagian yang integral dalam keseharian pria Indonesia.

Fadly juga berharap temuan itu dapat menjadi rujukan yang bermanfaat bagi berbagai stakeholders di industri kecantikan dan gaya hidup, termasuk bagi media.

ZAP Beauty Index dan dan MEN/O/LOGY Index 2024, merupakan survei tahunan yang memotret perilaku wanita Indonesia tentang dunia kecantikan.

Survei ini merupakan hasil kerja sama ZAP dengan MarkPlus. Setiap tahunnya sejak survei pertama dirilis pada 2019, ZAP berupaya membantu memberikan perspektif terhadap tren industri kecantikan Tanah Air.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini menjadi lebih spesial lantaran untuk pertama kalinya ZAP meluncurkan MEN/O/LOGY Index 2024, survei yang merangkum persepsi pria Indonesia mengenai penampilan, maskulinitas dan perawatan diri. Sebagai pionir dalam perawatan ketampanan pria, MEN/O/LOGY by ZAP menghadirkan data mengenai persepsi, kebiasaan, dan preferensi pria Indonesia dalam merawat diri.

Masih bekerja sama dengan MarkPlus, MEN/O/LOGY Index 2024 melibatkan 1.500 responden pria berusia 15-55 tahun di seluruh Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro