Atlet senam ritmik Indonesia, Sutjiati Narendra / Instagram
Health

Segar Bugar Berkat Senam Lantai, Ini sederet Manfaatnya

Gajah Kusumo
Rabu, 31 Januari 2024 - 21:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Olahraga senam lantai, yang sudah berusia ribuan tahun, tengah digandrungi pria dan wanita dari berbagai umur karena manfaatnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Senam lantai adalah jenis senam atau olahraga yang dilakukan di atas permukaan lantai dengan berbagai gerakan dan posisi tubuh. Aktivitas ini biasanya melibatkan gerakan-gerakan lentur, putaran, dan ketahanan tubuh, serta kombinasi sejumlah gerakan tertentu.

Riset dari International Journal of Applied Exercise Physiology mencatat senam adalah salah satu latihan terbaik untuk melatih kesehatan secara keseluruhan. Berbagai penelitian tentang topik ini membuktikan pentingnya senam lantai untuk kesehatan tulang, otot, dan kognitif.

“Ini tidak hanya tentang membangun otot dan meningkatkan fleksibilitas, senam juga menjadi pilihan untuk gaya hidup sehat, percaya diri, dan mampu membuat keputusan cerdas untuk menjadi orang dewasa yang sukses,” ungkap riset pada 2021 tersebut.

Melatih pikiran untuk merasa bahagia dan bebas stres tentu perlu melibatkan latihan fisik secara teratur. Meski demikian, meningkatkan keadaan kognitif dan emosional seseorang juga memerlukan program latihan yang lebih intens dan konsisten.

Untuk itu, senam sangat baik karena membantu membangun moral diri, determinasi, dan keterampilan komunikasi yang lebih baik. Ini juga meningkatkan kualitas tidur, melawan depresi, dan membantu penurunan berat badan dengan cara yang paling efektif.

Riset juga menyebut olahraga senam yang dilakukan sejak usia dini juga sangat bermanfaat. Apalagi, jenisolahraga ini dapat dilukan di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Adapun, dasar-dasar senam berawal dari lantai sehingga kemudian berkembang olahraga senam lantai.

Senam lantai melibatkan keterampilan senam dasar, termasuk keseimbangan dan kekuatan tubuh. Apabila senam lantai dikuasai, Anda dapat mengembangkan jenis-jenis senam yang lebih kompleks.

Berikut Manfaat Olahraga Senam Lantai:

Meningkatkan Keterampilan Motorik Tubuh yang Kompleks

Sebuah studi terbaru tentang efek positif senam membuktikan bahwa melakukan latihan senam mempercepat keterampilan motorik umum tubuh untuk mobilitas dan postur yang lebih baik.

Ini membuat Anda dapat lebih cepat merespons fisik dan meningkatkan fungsi kognitif untuk belajar dan memahami dengan lebih cepat.

Meningkatkan Fleksibilitas Secara Dramatis

Fleksibilitas adalah kemampuan untuk melenturkan dan meregangkan sendi dan otot saat melakukan stunt yang diawasi. Orang yang memiliki rentang fleksibilitas lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah untuk terluka selama latihan senam dibandingkan dengan mereka yang memiliki otot dan sendi yang kaku.

Oleh karena itu, melakukan latihan senam lebih banyak membantu meningkatkan fleksibilitas dan menargetkan semua kelompok otot dalam tubuh.

Membangun Koordinasi dan Keseimbangan yang Tepat

Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan dapat membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan gerakan. Jika Anda berlatih senam dalam jangka waktu yang lama, Anda akan dapat menggunakan berbagai bagian tubuh Anda dengan cara yang fleksibel. Belum lagi, ini meningkatkan kontrol tubuh secara keseluruhan dan stabilitas.

Sebuah tinjauan terbaru tentang efek positif senam pada anak-anak menunjukkan bagaimana peningkatan koordinasi dapat secara langsung memengaruhi keterampilan motorik dan kewaspadaan tubuh. Pelatihan sejak usia muda dapat mengurangi ketegangan otot dan membuat tubuh Anda terasa lebih sadar dan hidup, seperti yang disarankan oleh sebuah penelitian

Artinya, senam lantai dapat meningkatkan kemampuan pengendalian dan menyeimbangkan tubuh terhadap gravitasi.

Meningkatkan Kontrol Personal dan Harga Diri

Rutinitas latihan yang menantang dapat mencerminkan sifat personal bawaan Anda seperti kontrol personal dan kepercayaan diri. Rutin melakukan senam juga ternyata dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ada hubungan langsung antara kebugaran fisik dan fungsi kognitif. Studi terbaru membuktikan bahwa latihan kecepatan, koordinasi, dan keterampilan fisik intens lainnya dapat secara dramatis meningkatkan fungsi kognitif.

Ini termasuk keterampilan penalaran, komunikasi verbal, kemampuan spasial, dan penalaran induktif. Semua ini adalah aktivitas otak spesifik yang menentukan kesehatan kognitif seseorang secara keseluruhan. Mekanisme ini juga memengaruhi perhatian, pembelajaran, dan keterampilan memori seseorang.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan kepadatan mineral tulang tanpa perlu obat-obatan adalah salah satu pengobatan yang paling efektif. Berpartisipasi dalam senam, di sisi lain, juga membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Karena sejumlah faktor, termasuk usia, tulang cenderung menjadi lebih tipis dan kehilangan sebagian besar nutrisinya. Ini menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti osteoporosis, kehilangan tulang, dan patah tulang.

Untuk memperkuat tulang dan mempercepat kepadatan mineral tulang, partisipasi rutin dalam senam sangat penting. Sebuah studi menunjukkan bahwa pelatihan senam memiliki efek positif pada kesehatan tulang pada anak perempuan. Ini meningkatkan geometri tulang dan ketahanan pada anak perempuan. Studi ini menganalisis kesehatan tulang dari 49 anak perempuan berusia 9 hingga 13 tahun.

Senam dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Senamwan yang berkompetisi dalam turnamen memiliki kekuatan otot yang meningkat dengan lemak tubuh minimum. Oleh karena itu, berpartisipasi dalam senam dapat secara dramatis membakar kalori dan membuat otot tubuh lebih terbentuk dan kuat.

Anda dapat menurunkan berat badan dan menjadi fit dengan fokus pada latihan senam setiap hari. Bahkan, ini mendorong kebiasaan makan sehat untuk membakar lemak dan meningkatkan daya tahan otot.

Meningkatkan Kesehatan Otot

Jenis resistensi otot yang Anda kembangkan meningkatkan kekuatan inti dan keseimbangan. Dan karena latihan yang konsisten melibatkan peregangan, otot lebih sedikit kemungkinan cedera atau keseleo setelah jatuh. Ini meningkatkan daya tahan otot dengan manfaat kesehatan jangka panjang saat Anda bertambah usia.

Mencegah dan Mengatasi Postur Tubuh yang Salah

Senam menanamkan kontrol postur yang benar dan sehat. Ini terjadi ketika Anda mempertahankan postur tegak baik saat duduk atau berdiri. Postur tubuh yang salah, baik saat duduk maupun dalam posisi lain, seringkali dapat menyebabkan kelelahan dan nyeri kaki serta punggung.

Beberapa aktivitas, termasuk peregangan, berjalan, dan langkah tinggi, dapat mendorong kontrol postur yang benar. Dengan itu dalam pikiran, sebuah studi terbaru membuktikan betapa keahlian dalam senam baik untuk menjaga postur yang sehat bagi kebanyakan orang.

Mengurangi Depresi

Ilmu pengetahuan modern selalu menekankan pentingnya menghindari depresi, kecemasan, dan stres dengan latihan fisik secara teratur. Berdasarkan beberapa studi, partisipasi dalam senam dapat membantu melawan gejala depresi.

Menurut studi ini, depresi jangka panjang mengarah pada sekresi neuroendokrin yang memengaruhi suasana hati, tidur, kebugaran, dan kesehatan secara keseluruhan. Sebuah studi pada 156 pasien depresi dilakukan dalam tiga kelompok berbeda. Kelompok pertama fokus pada pengobatan obat, dan kelompok kedua pada program latihan terkait olahraga. Kelompok terakhir fokus pada kedua pengobatan obat dan latihan.

Hasilnya, kelanjutan latihan fisik jangka panjang pada pasien depresi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kesehatan psikologis. Karena tubuh hanya dipicu oleh faktor fisik, ini menyebabkan respons psikologis dan kimiawi otak yang lebih alami.

Meningkatkan Kualitas Tidur Wanita Hamil

Kehamilan membawa sejumlah masalah termasuk kelelahan, sulit tidur, dan kecemasan. Berdasarkan penelitian terbaru, berpartisipasi dalam senam bagi wanita atau ibu hamil sehat dapat berdampak positif pada pesoalan gangguan tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Gajah Kusumo
Editor : Gajah Kusumo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro