Fakta-fakta Proyek Tanam Chip di Otak Manusia oleh Elon Musk
Health

Fakta-fakta Proyek Tanam Chip di Otak Manusia oleh Elon Musk

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 31 Januari 2024 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang terkaya di dunia Elon Musk membuat gebrakan baru dengan menanam chip di otak manusia pertama kalinya.

Proyek itu digarap oleh startup chip otak milik Elon Musk, Neuralink.

Pasien manusia pertama telah menerima implan dari startup chip otak Neuralink pada hari Minggu dan pulih dengan baik, kata miliarder tersebut.

“Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan,” kata Musk dalam sebuah postingan di platform media sosial X pada hari Senin dilansir dari timesofindia.

Berikut fakta-fakta proyek tanam chip di otak manusia itu

1. Neuralink dapat izin menguji chip tersebut Mei 2023

Pada Mei 2023, Neuralink mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk uji klinis pertamanya pada manusia. Persetujuan FDA mewakili "langkah pertama yang penting yang suatu hari nanti akan memungkinkan teknologi kami membantu banyak orang", kata Neuralink saat itu.

2. Cara penelitian ini dilakukan

Ini adalah penelitian pertama pada manusia yang mengevaluasi keamanan dan efektivitas awal dari Implan N1 (implan BCI), Robot R1 (robot bedah), dan Aplikasi Pengguna N1 (perangkat lunak BCI) dalam memungkinkan individu dengan kelumpuhan untuk mengontrol perangkat eksternal.

"Perangkat yang digunakan dalam penelitian ini bersifat investigasi, dan tidak untuk dijual,” kata Neuralink.

Selama penelitian, Robot R1 akan digunakan untuk melakukan pembedahan penempatan Implan N1 di wilayah otak yang mengontrol niat gerakan. Peserta akan diminta untuk menggunakan Implan N1 dan Aplikasi Pengguna N1 untuk mengontrol komputer dan memberikan umpan balik tentang sistem.

3. Kelayakan peserta

Neuralink telah mengundang sukarelawan untuk penelitian ini.

Sukarelawan mengalami quadriplegia (keterbatasan fungsi pada keempat anggota badan) akibat cedera tulang belakang atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS) dan minimal 1 tahun pasca cedera (tanpa perbaikan), berusia minimal 22 tahun dan memiliki riwayat penyakit yang konsisten dan dapat diandalkan.

Neuralink telah menyebutkan dalam brosurnya. Namun, peserta yang memiliki perangkat implan aktif (alat pacu jantung, stimulator otak dalam (DBS), dll.), memiliki riwayat kejang, memerlukan MRI untuk kondisi medis yang sedang berlangsung, dan menerima pengobatan stimulasi magnetik transkranial (TMS) tidak memenuhi syarat untuk program ini.

4. ​Produk pertama dari Neuralink akan diberi nama Telepati​

Dalam tweet lainnya, Elon Musk sempat berbicara tentang produk pertama dari Neuralink.

Produk @Neuralink yang pertama disebut Telepati. Memungkinkan kendali atas ponsel atau komputer Anda, dan melalui perangkat tersebut hampir semua perangkat, hanya dengan berpikir. Pengguna awal adalah mereka yang kehilangan fungsi anggota tubuh mereka.

"Bayangkan jika Stephen Hawking dapat berkomunikasi lebih cepat daripada juru ketik cepat atau juru lelang. Itu tujuannya," cuitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro