Ilustrasi tidur siang
Health

Apakah Sehat Jika Orang Dewasa Tidur Siang?

Novita Sari Simamora
Sabtu, 17 Februari 2024 - 11:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orang mengira bahwa tidur siang, bisa mengganti jam tidur  malam yang kurang. Namun, apakah  tidur siang, sehat bagi tubuh orang dewasa.

Namun, tidur siang pada waktu yang salah atau terlalu lama dapat menjadi bumerang bagi tubuh. Pahami tips tidur siang yang tepat, agar mendapatkan hasil maksimal.

Tidur siang dapat memberikan dampak negatif, seperti:

1. Inersia tidur. Anda mungkin merasa pusing dan bingung setelah bangun dari tidur siang.

2. Masalah tidur malam hari. Tidur siang singkat umumnya tidak mempengaruhi kualitas tidur malam hari bagi kebanyakan orang. Namun jika Anda mengalami insomnia atau kualitas tidur buruk di malam hari, tidur siang mungkin akan memperburuk masalah tersebut. Tidur siang yang lama atau sering dapat mengganggu tidur malam hari.

Apakah keinginan untuk tidur siang bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan?

Jika Anda mengalami peningkatan kebutuhan untuk tidur siang dan tidak ada penyebab nyata kelelahan baru dalam hidup Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Anda mungkin sedang mengonsumsi obat atau mengalami gangguan tidur atau kondisi medis lain yang mengganggu tidur malam Anda.

Bagaimana cara terbaik untuk tidur siang?

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tidur siang, ikuti tips berikut ini:

1. Usahakan tidur siang singkat. Usahakan untuk tidur siang hanya 10 hingga 20 menit. Semakin lama Anda tidur siang, semakin besar kemungkinan Anda merasa grogi setelahnya. Namun, orang dewasa muda mungkin bisa menoleransi tidur siang yang lebih lama.


2. Tidur siang di sore hari. Tidur siang setelah jam 3 sore. dapat mengganggu tidur malam hari. Faktor individu, seperti kebutuhan tidur, jadwal tidur, usia, dan penggunaan obat-obatan, juga dapat berperan dalam menentukan waktu terbaik untuk tidur siang.


3. Ciptakan lingkungan yang tenang. Tidur siang di tempat yang tenang dan gelap dengan suhu ruangan yang nyaman dan sedikit gangguan.

Setelah tidur siang, berikan diri Anda waktu untuk bangun sebelum melanjutkan aktivitas – terutama aktivitas yang membutuhkan respons cepat atau tajam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro