Tanda-tanda orang mengalami depresi/cadasorg
Health

Kenali Tanda-tanda Awal Depresi dan Cara Menanganinya

Redaksi
Selasa, 20 Februari 2024 - 14:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Depresi adalah kondisi gangguan yang dialami dalam diri seseorang, sehingga bisa mengganggu segala aktivitas yang dilakukan.

Depresi tidak bisa dianggap penyakit yang sepele, banyak orang yang memilih untuk mengakhiri hidup karena depresi yang dialami nya.

Apakah tanda-tanda depresi?

Tanda-tanda depresi yakni saat Anda mempunyai perasaan sedih dan tidak berguna dalam waktu berkepanjangan, perasaan-perasaan tersebut dapat mengganggu pikiran Anda, sehingga konsentrasi serta produktivitas yang Anda lakukan menurun.

Saat seseorang mengalami depresi, maka akan merasa kehilangan minat akan suatu hal yang sebelumnya Anda sukai karena kehilangan minat tersebut hidup yang dijalani menjadi tidak memiliki tujuan.

Gangguan pola makan juga menjadi tanda-tanda Anda mengalami depresi, jika pada sebelum nya pola makan teratur akan tetapi ketika mengalami depresi maka pola makan menjadi berantakan seperti kelebihan dalam mengkonsumsi makanan (overeating) atau kehilangan selera makan.

Adapun gangguan pola tidur yang dapat dialami saat depresi yakni kesulitan tidur (insomnia) dan terlalu banyak tidur.

Ketika Anda sudah mengalami tanda-tanda diatas dan mengakibatkan Anda mempunyai pikiran untuk mengakhiri hidup maka artinya kalian sudah mengalami depresi dalam hidup.

Saat Anda mengalami depresi, kenali juga tipe-tipe depresi apa yang Anda alami. Dilansir dari rsj.lampungprov.go.id berikut tipe-tipe depresi yang wajib Anda ketahui:

1. Major Depression, tipe depresi ini sering terjadi gejala-gejala yang disebabkan karena adanya perasaan sedih yang dialami secara terus menerus selama 2 minggu. 

2. Dysthymia, tipe depresi ini disebabkan karena mood yang terjadi dalam diri Anda. Mood menurun yang dialami selama 2 tahun dapat menyebabkan perasaan tidak gembira berkepanjangan.

3. Bipolar depression, tipe depresi ini kebalikan dari tipe dysthymia. Pada tipe depresi ini Anda mengalami kenaikan mood yang sangat drastis seperti rasa senang dan energi yang berlebihan. 

4. Atypical depression, tipe ini dapat terjadi karena ketika Anda malas untuk menggerakan badan, memiliki perasaan yang jauh lebih sensitif, dan saat Anda mengalami overeating dan oversleeping dalam hidup.

5. Psychotic Depression, tipe ini disebabkan adanya suatu gejala yakni gejala psikotik yaitu gejala dimana Anda sulit untuk membedakan antara hal yang nyata dan hal yang tidak nyata. Anda juga mengalami halusinasi seperti merasa mendengar suara bisikan atau melihat bayangan.

6. Situational Depression, tipe depresi ini disebabkan karena adanya peristiwa hidup yang tiba-tiba serta mengalami masalah hidup yang berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro