Gejala penyakit autoimun/www.niehs.nih.gov
Health

Mengenal Penyebab dan Gejala Autoimun, Belum Bisa Disembuhkan

Mutiara Nabila
Jumat, 23 Februari 2024 - 20:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyakit autoimun sedang menjadi perbincangan, karena mulai banyak kasus yang terjadi, termasuk di dunia selebritis. 

Sejumlah selebritis mengaku punya penyakit satu ini, terbaru ada Kartika Putri yang mengalami lepuhan di wajah dan lidah hingga harus berobat ke Singapura. 

Selain itu, beberapa artis lainnya seperti Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Andrea Dian, Ashanty, dan banyak lagi. 

Autoimun adalah penyakit yang sekarang mulai banyak didapat di masyarakat. Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Pande Ketut Kurniari menjelaskan bahwa autoimun berasal dari diri sistem imun sendiri. 

"Autoimun terjadi ketika sistem imun menyerang diri kita sendiri, yang harusnya baru bergerak atau aktif ketika kita mengalami infeksi, bisa kuman, bakteri, atau alergi. Tapi pada orang autoimun, sistemnya justru menyerang diri sendiri," jelasnya dalam siaran langsung bersama Kementerian Kesehatan, Jumat (23/2/2024). 

Dia juga menegaskan bahwa autoimun bukan penyakit yang menular, dan bukan penyakit keturunan, meskipun dalam beberapa tipe autoimun ada yang disebabkan dari keturunan.

Adapun, autoimun disebabkan oleh berbagai faktor yang bisa merangsang sistem imun bereaksi berlebih hingga menyerang diri sendiri. Selain keturunan, juga bisa terjadi karena faktor berikut ini:

• Stres

• Bahaya lingkungan seperti paparan bahan kimia, pestisida, polusi lainnya

• Merokok, 

• Memiliki berat badan atau obesitas. 

"Ada lebih dari 100 macam autoimun, paling banyak terjadi adalah Lupus," imbuh dr. Pande.  

Adapun, penyakit ini belum bisa disembuhkan. Oleh karena itu, proses penyembuhannya adalah dengan mengendalikan sistem imun supaya tidak menyerang tubuh sendiri dan bukan dengan membunuh imun menghilangkan. Proses ini disebut remisi. 

Para penderita autoimun juga umumnya menunjukkan gejala seperti lemas, lunglai, nyeri sendi, dan kesulitan berjalan. Selain itu, ada pula gejala lain yang bisa terjadi bergantung pada tipe autoimun yang dialami, dan keparahannya, seperti berikut ini:

• Mata kering/berair

• Ruam di kulit

• Demam yang hilang timbul

• Pembengkakan pada sendi dan wajah

• Rambut rontok

Namun, dr. Pande menegaskan bahwa penderita autoimun sebaiknya tetap menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga rutin untuk mencegah penyakit lain justru memperparah autoimun yang dialami. 

"Untuk penderita autoimun, latihan fisik sangat penting. Olahraga yang dilakukan bisa apa saja, asal rutin, dan jangan memaksakan diri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro