Obesitas/clevelandclinic.org
Health

Hari Obesitas Sedunia, 4 Maret 2024, Simak Penyebab, Cara Mengatasi, dan Makanan Mencegah Obesitas

Redaksi
Senin, 4 Maret 2024 - 10:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Hari Obesitas Sedunia diperingati setiap tanggal 24 Maret 2024. Sejarah hari ini memperingati agara masyarakat menjaga berat badan, agar tidak obesitas.

Dilansir dari Healthline.com dan medparkhospital.com, obesitas merupakan kondisi seseorang yang mempunyai berat badan berlebih, karena menyimpan lemak yang banyak dalam tubuh.  Kondisi ini bisa menimbulkan beberapa penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, darah tinggi hingga salah satu penyebab kanker.

Banyak penyakit yang ditimbulkan apabila terkena obesitas, oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan orang terkena obesitas.

Simak penyebab orang bisa terkena obesitas

1. Gaya hidup

Gaya hidup akan mempengaruhi tingkat produksi lemak dalam tubuh. Jika, mempunyai gaya hidup yang tidak sehat, maka tubuh akan lebih banyak untuk menyimpan lemak yang dapat memicu seseorang terkena obesitas.


2. Usia

Kinerja otot dan metabolisme tubuh akan lebih lambat dari sebelumnya, seiring bertambahnya usia seseorang. Hal tersebut, akan berakibat pada penambahan berat badan yang mengakibatkan seseorang dapat terkena obesitas.

3. Kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh, seseorang akan merasa jauh lebih lapar dari biasanya, hal ini akan berpengaruh pada banyaknya asupan makanan yang masuk dalam tubuh, sehingga dapat memicu seseorang dapat terkena obesitas.


4. Stres tinggi

Seseorang yang mengalami stress tinggi dalam hidupnya, akan memicu tingkat produksi hormon dalam tubuh. Saat mengalami stress hormon akan membuat seseorang mengonsumsi makanan secara berlebihan, kondisi ini menyebabkan tubuh lebih banyak menyimpan lemak yang mengakibatkan seseorang terkena dapat terkena obesitas.


5. Kehamilan

Ketika, sedang dalam masa kehamilan pasti banyak mengalami perubahan pada tubuh, salah satunya yaitu kenaikan berat badan. Berat badan ini, bisa terus bertambah setiap bulannya hingga sampai kelahiran tiba, saat sudah melahirkan banyak wanita yang kesulitan melakukan diet untuk mengembalikan berat badan yang ideal, sehingga membuat mereka terkena obesitas.

Cara untuk mengatasi obesitas

1. Olahraga teratur

Dilansir dari mayoclinic.org dan nhs.uk, jika seseorang melakukan olahraga secara teratur maka akan mengurangi jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh yang menyebabkan seseorang terkena obesitas. Olahraga yang baik untuk penderita obesitas, dilakukan minimal 150 menit dalam seminggu. Berikut pilihan olahraga yang bisa dilakukan:

1. Jalan cepat

2. Jogging

3. Bersepeda

4. Berenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro