Puasa Sunnah/Freepik
Health

Jelang Ramadan, Simak Tips Puasa agar Tetap Produktif

Redaksi
Selasa, 5 Maret 2024 - 09:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadan tidak menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas. Selama 1 bulan berpuasa, Anda harus tetap melakukan hal produktif setiap harinya.

Simak beberapa cara agar tetap produktif dan tetap seimbang antara berpuasa, beribadah, berolahraga, bekerja, dan sebagainya.

Bulan Ramadan memiliki banyak keberkahan dan kelimpahan yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan. Kebaikan memiliki banyak arti dan penerapannya.

Namun, kebaikan yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan momen puasa untuk melakukan aktivitas yang produktif dan berguna bagi bagi orang sekitar.

Ketika puasa saat Ramadan, tidur merupakan salah satu sunnah yang dimanfaatkan oleh banyak orang. Namun, tidak seharusnya kebiasaan tidur saat puasa dilakukan terus menerus dan dalam durasi yang cukup lama. Anda bisa menggantikan waktu tersebut dengan berolahraga, mengaji, maupun berbagi kepada sesama.

Dilansir dari About Islam ada beberapa tips produktif selama berpuasa, yaitu:

1. Mendekatkan diri bersama keluarga

Produktif bukan hanya dengan melakukan aktivitas bekerja saja, melainkan dengan memanfaatkan situasi sekitar untuk berkembang. Salah satunya dengan mendekatkan diri bersama keluarga.

Ketika bulan puasa, tentunya setiap orang akan menghabiskan banyak waktu bersama di rumah, seperti berbuka, sahur, maupun beribadah. Momen seperti ini bisa dimanfaatkan untuk berbagi cerita, mengkaji ilmu bersama, dan melakukan berbagai kegiatan baru seperti mencoba resep es buah kekinian untuk menu buka puasa.

2. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin 

Ketika berpuasa, banyak orang yang sangat membatasi aktivitasnya dengan alasan supaya tidak terasa capek dan lemas. Berkegiatan di bulan puasa jika dimanfaatkan sebaik mungkin dan tidak menunda suatu pekerjaan, akan terasa lebih ringan serta bermanfaat. Jadi selagi ada waktu untuk beraktivitas, maka pilihlah kegiatan yang membuat Anda menjadi lebih produktif.

tips puasa saat ramadan agar tidak lemas
tips puasa saat ramadan agar tidak lemas

3. Fokus menjalani sesuatu

Fokus merupakan kondisi seseorang yang menjalani suatu aktivitas secara teliti dan benar. Selama bulan puasa, Anda memerlukan fokus yang lebih untuk bisa mengerjakan sesuatu yang sifatnya produktif.

Untuk melatih fokus tersebut, pastikan Anda memiliki persiapan yang cukup dengan cara menjaga pola tidur, dan mengikuti sahur dengan baik. Tujuannya adalah supaya sumber tenaga dan fokus dalam diri dapat terjaga dengan baik.

4. Menanamkan niat yang baik dalam menjalankan sesuatu

Selama berpuasa, semua kegiatan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Jadi, ketika mengerjakan sesuatu pastikan Anda memiliki niat yang baik dan bermakna bagi diri sendiri maupun orang lain. Efek yang dihasilkan dari niat yang baik ini, mampu membuat hidup Anda menjadi lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak orang.

5. Melakukan evaluasi diri

Evaluasi diri merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Tujuan dari evaluasi diri ini adalah untuk melihat perkembangan diri seseorang dalam melakukan suatu kegiatan.

Dari evaluasi diri ini, Anda akan mendapatkan beberapa hasil dan rekomendasi mengenai kegiatan yang dapat dilakukan setelahnya. Hal ini membuat Anda terdorong untuk maju dan terbiasa untuk melakukan hal produktif setiap harinya.

6. Menjalankan sesuatu dengan rasa sabar

Kesabaran mampu membuahkan suatu keberhasilan. Melalui kesabaran, Anda menjadi paham pentingnya sebuah proses demi mewujudkan hasil yang maksimal dalam kehidupan.

Mencoba hal produktif selama bulan puasa sebaiknya diikuti dengan rasa sabar, supaya Anda termasuk ke dalam golongan orang yang memahami sebuah proses dan dapat merasakan keberhasilan tersebut. 

Tips produktif selama bulan puasa tersebut, dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi produktif tidak harus melakukan sesuatu yang sifatnya besar, dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, disertai niat yang baik, maka produktivitas dalam diri Anda akan meningkat.

Jadi, selagi ada waktu luang yang bisa digunakan, maka gunakanlah waktu tersebut untuk berbuat kebaikan dan kembangkan produktivitas, supaya Anda mendapatkan banyak manfaat dan pahala selama bulan puasa. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro