Ilustrasi pria mengalami kanker prostat/Freepik
Health

Rekomendasi 11 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Prostat Pria

Redaksi
Rabu, 6 Maret 2024 - 09:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pria umur 50 tahun banyak yang mengalami gangguan kesehatan pada bagian prostat, pola makan menjadi aspek yang penting untuk menjaga kesehatan prostat. 

Dilansir dari healthline.com, mengonsumsi makan bergizi akan membantu melindungi prostat dari serangan berbagai penyakit. 

Adapun dari sumber yang berbeda yakni allianceurology.com, menyatakan bahwa sudah ada 288,300 kasus baru kanker prostat pada tahun 2023. Penting bagi Anda, menjaga kesehatan prostat dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Simak makanan yang baik untuk menjaga kesehatan prostat:

1. Tomat

Kandungan antioksidan yakni likopen yang ada dalam buah tomat, membantu mengurangi risiko prostat dan memperlambat pertumbuhan tumor prostat. Penelitian sebelumnya, menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi tomat lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker prostat.

Likopen yang ada dalam tomat, sulit bekerja secara efektif dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Disarankan untuk memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, dan bisa mencampurkan tomat dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun. Hal tersebut, dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja tomat dalam tubuh.

2. Brokoli

Beberapa penelitian, menyatakan bahwa fitokimia dalam sayuran brokoli, seperti sulforaphane dapat membantu membunuh sel kanker dan menjaga sel prostat tetap sehat. Oleh karena itu, brokoli dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita prostat.

3. Buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan, kandungan ini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Mengonsumsi buah beri dapat meningkatkan kesehatan prostat dan membantu dalam menjaga kesehatan tubuh keseluruhan. Berikut buah beri yang dapat dikonsumsi:

1. Stroberi

2. Bluberi

3. Rasberi


4. Delima

Buah delima mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan ini dapat mencegah beberapa penyakit kronis. National Cancer Institute (NCI) mengatakan, bahwa mengonsumsi buah delima dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.  


5. Ikan berlemak

Beberapa jenis ikan dapat membantu menjaga kesehatan prostat pria, mempunyai kandungan omega 3 yang bagus untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker, sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi ikan berlemak dapat mencegah penyakit jantung, stroke, dan lupus. Berikut ikan berlemak yang bisa dikonsumsi:

1. Ikan salmon

2. Ikan makarel

3. Ikan sarden

6. Teh hijau

Teh hijau banyak memiliki manfaat dalam dunia kesehatan, tidak terkecuali untuk kesehatan prostat. Kaya akan antioksidan yakni katekin, mempunyai sifat anti inflamasi dan antikanker. Oleh karena itu, mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Penelitian menemukan, bahwa mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi risiko kanker prostat, karena dapat menghambat pertumbuhan tumor.


7. Kacang polong dan lentil

Banyak manfaat kesehatan yang dapat dirasakan apabila mengonsumsi kacang polong dan lentil. Kaya akan serat, protein, dan nutrisi dapat membantu menekan pertumbuhan tumor dan menurunkan risiko kanker prostat.


8. Biji labu kuning

Kandungan fitokimia dalam biji labu, dapat membantu merawat kesehatan prostat. Mengonsumsi biji labu, dianjurkan sebanyak 5 gram dalam satu hari, apabila mengalami hiperplasia prostat jinak atau pembengkakan kelenjar prostat.


9. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous sangat erat kaitannya dengan penyakit kanker, sayuran ini dapat membantu menurunkan risiko kanker. Kanker prostat yang banyak dialami para pria, dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran cruciferous. Berikut jenis sayuran cruciferous yang bisa dikonsumsi:

1. Kembang kol

2. Kangkung

3. Kubis

4. Pok coy


10. Bawang putih

Bawang putih menjadi salah satu jenis bumbu yang sering digunakan untuk berbagai hidangan. Apakah Anda tahu mengonsumsi bawang putih dapat menjaga kesehatan tubuh? 

Banyak manfaat yang diberikan bawang putih, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan prostat. Mempunyai kandungan senyawa belerang, membantu melindungi prostat dari kanker dan kebengkakan.


11. Kunyit

Kunyit dapat membantu menjaga kesehatan prostat, kandungan kurkumin yang mempunyai sifat anti inflamasi dan antioksidan dapat melindungi prostat dari penyakit kanker. Penelitian menunjukan bahwa kurkumin dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro