Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan bahwa kerja sama pemerintah dan swasta sangat dibutuhkan untuk meningkatkan peran serta kualitas perempuan
Entertainment

Lestari Moerdijat: Perempuan Jadi Kunci Kehidupan Manusia

Redaksi
Jumat, 8 Maret 2024 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan menjadi salah satu penopang kehidupan manusia. Aksi cepat tanggap yang dilakukan oleh perempuan memiliki nilai yang berarti bagi masa depan. 

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyatakan bahwa perempuan sehat dan berdaya akan menciptakan negara yang berdaya. Makna dari pernyataan tersebut adalah, perempuan menjadi pelopor kesehatan dengan menghasilkan generasi sehat, cerdas, dan mampu menstabilkan kesehatan di Indonesia.

“Ibaratkan seorang Ibu yang mampu bersikap multitasking dalam mengerjakan sesuatu, perempuan terlahir dengan kemampuan yang hebat dan mampu menangani segala sesuatu,” ungkapnya, Kamis (7/3/2024).

Contoh dari bukti bahwa perempuan menjadi salah satu penopang dalam penanggulangan kesehatan adalah berdirinya banyak organisasi perempuan seperti Jabar Bergerak, OASE, dan Ibu-ibu PKK yang selalu memberdayakan hidup sehat dan memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Aksi tanggap yang dimiliki oleh perempuan Indonesia, dilakukan atas dasar kemauan, kesadaran, dan keinginan untuk menciptakan negara yang berdaya. Hal-hal yang dilakukan oleh perempuan hebat di Indonesia adalah bekerja sama dengan pemerintah untuk mencegah stunting pada anak, memberikan edukasi dan pemahaman mengenai kanker payudara dan kanker serviks, serta memberikan vaksinasi kepada ibu dan anak.

Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut untuk pencegahan dan menurunkan tingkat risiko yang akan terjadi pada generasi berikutnya. Maka dari itu, perempuan selalu berkomitmen secara penuh untuk meneguhkan janji atas terciptanya kehidupan yang sehat di Indonesia.

Walaupun perempuan selalu dianggap sebelah mata, perlu diketahui bahwa populasi perempuan di Indonesia yang bekerja pada bidang tenaga dan pelayanan kesehatan mencapai 1,5 juta orang. Hal ini membuktikan bahwa kesetaraan gender terjawab dengan adanya fakta yang dapat ditemukan oleh banyak orang.

Perempuan tidak boleh dianggap sembarangan, katanya, perempuan memiliki peran dan tanggung jawabnya sangat besar untuk keberhasilan generasi emas yang gemilang. Dia menegaskan bahwa perempuan mampu menjadi garda terdepan dalam menyempurnakan berbagai program kesehatan yang diusung oleh negara.

Dalam diskusi publik berjudul, Membangun Kepemimpinan Perempuan di Sektor Kesehatan, dia berharap agar perempuan di Indonesia mampu menjadi penggerak dan memiliki peran penting dalam penanggulangan masalah kesehatan di Indonesia. Namun, pemerintah juga perlu membuka akses dan mendukung keberadaan perempuan.perempuan di Indonesia mampu menjadi penggerak dan memiliki peran penting dalam penanggulangan masalah kesehatan di Indonesia

Dia mengatakan pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan perempuan di Indonesia. Sebab, perempuan menjalani kehamilan, kelahiran, hingga membesarkan anak dari kecil hingga dewasa, peran perempuan menjadi bukti perjalanan dalam berkembang. Nasib generasi emas Indonesia, tergantung dengan perempuan dan peran pemerintah.

Adapun Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tanggall 8 Maret. Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day/IWD) yang diperingati setiap tanggal 8 Maret merupakan tonggak perjuangan perempuan di seluruh dunia untuk mengakhiri segala bentuk kekerasan, pelecehan dan diskriminasi berbasis gender. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro