Pempek, siomai, dan batagor masuk dalam daftar jajanan terenak di dunia. - Bisnis/Dinda Wulandari
Kuliner

Ada Siomai hingga Batagor dalam Daftar Jajanan Paling Enak di Dunia, Jadi Inspirasi Menu Buka Puasa

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 11 Maret 2024 - 18:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jajanan atau street foods seperti siomai dan batagor menjadi salah satu makanan yang paling dicari sebagai takjil selama masa bulan puasa atau Ramadan

Pada awal Februari 2024 ini, tasteatlas merilis daftar street food paling populer di dunia.  Dalam 10 teratas jajanan yang paling enak, terdapat empat kuliner asli Indonesia yang masuk dalam kategori tersebut.

Deretan jajanan paling enak itu telah teruji di lidah masyarakat luas, sehingga tidak heran jika menjadi streetfood andalan di setiap negaranya.

Bahkan, popularitas jajanan-jajanan itu membuatnya dapat ditemui di negara lain, baik dibawa oleh para diaspora maupun diadopsi oleh masyarakat di sana.

Berikut 10 jajanan paling enak di dunia versi tasteatlas 2024:

  • Siomai 

Siomai adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan, telur, kentang, kol, tahu, dan pare yang dikukus. Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong-potong kecil dan disiram dengan saus kacang. 

Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah siraman kecap manis dan saus sambal, serta perasan air jeruk nipis. Makanan yang umum dijajakan di pusat jajanan kaki lima (pujasera tradisional Indonesia) tersebut menjadi hidangan sehari-hari yang sangat disukai oleh pelajar pelajar hingga pekerja. 

 

  • Pastel de nata 

Pastel de nata adalah kue tart puding telur tradisional Portugis yang populer di seluruh dunia. Dipercaya bahwa untuk hasil terbaik, isiannya tidak boleh terlalu manis dan tidak boleh memiliki rasa lemon atau vanila. Sebagai gantinya, kue tart harus ditaburi kayu manis dan, idealnya, disandingkan dengan secangkir kopi.

 

  • Guotie/pangsit

Variasi pangsit jiaozi yang digoreng, yang dikenal dengan nama guotie, adalah pangsit khas China Utara yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, sawi putih, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak wijen. 

Tekstur yang renyah dan lembut diperoleh dengan metode khusus dalam mempersiapkannya; saat bagian bawah pangsit digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke dalam wajan yang kemudian ditutup, sehingga memungkinkan sisa pangsit dan isiannya mengukus.

Dalam hal bentuk, guotie harus selalu panjang dan lurus agar lebih mudah berdiri dan tidak jatuh saat dimasak. Goutie secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai stik panci, sehingga pangsit ini sering dijuluki potsticker, terutama di Amerika Utara.

 

  • Roti Canai 

Roti canai adalah roti pipih goreng tradisional yang terbuat dari tepung, air, telur, dan mentega yang berasal dari India, namun terkenal di Malaysia dan negara-negara sekitarnya seperti Indonesia, Brunei, dan Thailand. 

Adonan roti canai dilipat berulang kali, sehingga produk akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam yang lembut, dan lapisan luar yang renyah.

 

  • Pempek 

Pempek adalah kue ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Asal muasal hidangan ini adalah kota Palembang, yang terletak di provinsi Sumatera Selatan.

Cerita asal mula pempek mengatakan bahwa seorang warga Palembang kuno bosan dengan ikan goreng atau ikan bakar tradisional, jadi dia memikirkan cara inovatif untuk menggiling daging ikan, mencampurnya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya untuk mendapatkan camilan yang renyah dan lezat.

Dirinya kemudian berkeliling kota dan menjual pempek ikan tersebut kepada warga Palembang. Seiring berjalannya waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang patut dipuji, dan saat ini pempek dianggap sebagai makanan tradisional Indonesia. Kue berbentuk bulat atau persegi panjang ini biasanya dikukus, dan sebelum disajikan digoreng dengan kuas yang Bernama cuko dan dipotong-potong seukuran sekali gigit.

 

  • Batagor

Salah satu jajanan paling terkenal lainnya di Indonesia adalah batagor, mirip dengan siomai. Jajanan ini berisi pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional. 

Batagor berakar dari tradisi kuliner China, yang telah meninggalkan jejak pada banyak hidangan Indonesia. Meskipun camilan terkenal ini mengingatkan kita pada pangsit China yang lebih terkenal, ciri khasnya yang berbeda adalah digoreng, bukan dikukus.

Ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan wahoo, tetapi tuna, tenggiri, dan udang juga dapat digunakan. Kentang, tahu, atau kubis juga terkadang ditambahkan ke dalam hidangan ini. Batagor adalah camilan yang sempurna karena cara penyajiannya. Saat digoreng, pangsit dipotong kecil-kecil dan dilumuri dengan saus kacang, kecap, dan sambal dengan kucuran air jeruk nipis.

 

  • Sate Madura

Sate Madura adalah hidangan tradisional Indonesia dan sejenis sate yang berasal dari pulau Madura, sesuai dengan namanya. Hidangan ini dibuat dengan potongan daging ayam atau kambing yang ditusukkan ke tusuk sate dan dibakar. Jenis sate ini berbeda dengan sate pada umumnya karena dagingnya dipotong lebih tipis dari biasanya.

Sate ini dilengkapi dengan saus berwarna gelap yang terbuat dari kombinasi kecap manis, gula merah, bawang merah goreng, terasi, bumbu kacang, kemiri, garam, dan bawang putih. Jika dibuat dengan daging ayam, hidangan ini disajikan dengan bumbu kacang, sedangkan versi daging kambing sering disajikan dengan kecap manis.

 

  • Tacos

Taco adalah hidangan nasional Meksiko, yang berasal dari tambang perak Meksiko pada abad ke-18, ketika kata taco merujuk pada mesiu yang dibungkus dengan selembar kertas dan dimasukkan ke dalam batu. Ini digunakan untuk menggali bijih berharga dari tambang dan disebut tacos de minero atau taco penambang.

Taco pada dasarnya adalah apa pun yang dimakan di atas tortilla yang lembut, dan ada banyak sekali jenisnya. Di Sonora, di bagian utara Meksiko, mereka menyantap carne asada klasik - daging yang diiris tipis-tipis yang dipanggang di atas bara api dan diberi topping salsa, bawang bombay, guacamole, dan irisan jeruk nipis.

 

  • Carnitas

Jajanan ini berasal dari negara bagian Michoacan di Meksiko. Carnitas adalah hidangan beraroma yang terbuat dari daging babi (biasanya bagian depan atau bahu babi) yang direbus, dipanggang, atau dimasak perlahan dengan lemaknya sendiri dalam waktu yang lama hingga empuk dan lezat.

Panasnya kemudian dinaikkan hingga daging menjadi renyah di bagian luar dan dapat disuwir-suwir. Carnitas, yang berarti daging kecil, sering disajikan dengan tortilla, ditemani salsa, kacang-kacangan, guacamole, jeruk nipis, atau sayuran segar. 

 

  • Pierogi

Berasal dari bahasa Polandia, makanan sejenis pangsit isi ini memiliki arti pangsit isi: pieróg. Makanan yang dulunya merupakan makanan petani ini berevolusi menjadi salah satu hidangan favorit di Polandia. Setiap keluarga memiliki isian pierogi versi mereka sendiri, dan bahan-bahan yang dapat digunakan hanya dibatasi oleh imajinasi koki.

Pierogi bisa terasa manis, gurih, atau pedas, dan isian yang paling umum adalah keju, bawang bombay, daging giling, jamur, kentang, dan asinan kubis. Versi manis biasanya berisi berbagai buah beri, seperti stroberi atau blueberry. Secara tradisional, pangsit ini disajikan sebagai hidangan ke-12 dari makan malam Natal tradisional Polandia.


Sebagaimana diketahui, di Indonesia, pemerintah telah secara resmi menetapkan awal puasa Ramadan 1445 H/2024 M dilaksanakan pada besok, Selasa (12/3/2024). Ketetapan ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1445 H. 

"Berdasarkan hisab, posisi hilal di beberapa daerah di Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS baru, serta ketiadaan melihat hilal, sidang isbat secara mufaakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, tanggal 12 Maret 2024 masehi," ungkap Menag, Minggu (10/3/2024).

Jajanan-jajanan terenak di dunia itu dapat menjadi inspirasi menu buka puasa atau takjil. Setelah berpuasa sehari penuh, tentu perut layak dimanjakan oleh jajanan-jajanan kelas dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro