Berpuasa bisa membantu mengatasi gangguan makan atau kebiasaan makan banyak/dokumentasi
Health

Bulan Ramadan Bisa Bantu Penderita Eating Disorder

Redaksi
Selasa, 12 Maret 2024 - 15:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Eating disorder atau gangguan makan adalah kondisi yang dialami seseorang terhadap pola makan, dan mengakibatkan masalah yang cukup fatal pada tubuh.

Saat bulan Ramadan, setiap orang membutuhkan banyak asupan sebagai sumber energi saat menjalankan puasa. Sumber tersebut dihasilkan dari bahan makanan yang memiliki nilai zat gizi tinggi dan seimbang bagi kesehatan tubuh.

Bagi penderita eating disorder, berpuasa dapat berakibat pada penurunan kesehatan. Penurunan kesehatan yang dimaksud adalah ketika tubuh manusia tidak memiliki asupan yang cukup dan memaksakan untuk tetap berpuasa dengan keadaan yang lemah.

Namun, Ramadan mampu menjadi navigasi penderita eating disorder dalam upaya mengembalikan dan menerapkan pola hidup sehat setiap harinya. Upaya tersebut dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat kompleks dalam tubuh.

Maka dari itu, perlu adanya upaya dan pemahaman yang dipahami oleh penderita eating disorder selama bulan Ramadan.

Simak manfaat berpuasa bagi penderita eating disorder atau gangguan makan:

1. Menentukan waktu sahur yang tepat

Sahur merupakan waktu yang digunakan oleh umat Islam untuk makan dan minum sebelum melaksanakan ibadah puasa. Dalam hal ini, Anda perlu membuat waktu yang tepat untuk melaksanakan sahur.

Konsumsi makanan yang seimbang baik dari protein, karbohidrat, hingga lemak. Tujuannya adalah supaya tubuh Anda tidak mudah merasa haus dan lapar saat menjalankan ibadah puasa. Bagi penderita eating disorder juga sangat dianjurkan membuat jadwal rencana makan untuk menentukan jenis makanan apa yang dikonsumsi setiap harinya.

2. Membuat dan menetapkan batasan

Batasan dalam bulan ramadan yang dimaksud adalah dengan menentukan waktu, tempat, dan orang sekitar. Anda boleh saja mengikuti kegiatan diluar seperti buka bersama atau yang lainnya.

Namun, perlu Anda ketahui ketika mengonsumsi makanan dan minuman di luar rumah, akan menimbulkan risiko kambuhnya gangguan makan pada tubuh. Dalam hal ini, maka penderita eating disorder harus memilih dan membuat batasan mengenai jenis makanan dan berbagai kegiatan di luar lainnya.

3. Membuat jurnal refleksi Ramadan

Jurnal refleksi ramadan memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Anda dapat membuat banyak perencanaan khusus selama Ramadan, termasuk membuat identifikasi dan mempertajam bacaan terkait dengan berbagai isu pemberitaan yang ada. Melalui hal tersebut, Anda dapat menciptakan suasana terbaik versi diri sendiri.

4. Memanfaatkan momentum salat sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri

Salat merupakan tiang agama bagi umat Islam. Manfaat dari pelaksanaan salat adalah penyempurna ibadah dan media seseorang untuk berinteraksi kepada Allah SWT.

Ketika melakukan salat dan berdoa, Anda dapat meminta segala pengampunan dosa dan meminta untuk diberikan petunjuk terbaik dalam hidup. Serahkan semua segala urusan kepada Allah SWT, termasuk meminta diberikan kesehatan dan kelancaran saat menjalankan ibadah puasa.

Bukti Ramadan hadir sebagai navigasi bagi para penderita eating disorder, memperlihatkan cara bagaimana mengelola suatu kehidupan berdasarkan aspek kesehatan, gaya hidup, serta sisi agama.

Semua aspek tersebut tentunya memiliki nilai manfaat dan pelajaran yang baik dalam menciptakan suasana kebatinan, serta kesehatan fisik bagi diri Anda. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro