Pedagang menata kurma dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Rekomendasi Makanan Sehat Saat Sahur dan Buka Puasa

Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama bulan puasa, banyak makanan dan minuman yang dijual dengan bentuk dan rasa yang beraneka ragam. Aneka takjil yang dijajakan di pinggir jalan, mampu menarik siapapun untuk membelinya.

Belum tentu aneka takjil yang dijajakan tersebut, aman dan dan layak untuk dikonsumsi saat berbuka. Melalui hal ini lah, Anda sebagai orang yang bijak, harus memperhatikan kesehatan dan keamanan makanan tersebut.

Mungkin sebagian dari Anda kebingungan dalam hal memilih untuk membeli atau membuat hidangan sahur dan buka. Dilansir dari prodiadigital.com, menu sahur dan buka puasa yang sehat adalah menu yang dibuat dengan bahan alami dan menggunakan tenaga mandiri untuk membuatnya.

Lantas rekomendasi menu apa yang cocok untuk dibuat dan dikonsumsi saat sahur dan buka puasa? Simak penjelasannya berikut ini. Saat berbuka disarankan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Simak makanan yang baik dikonsumsi saat jadwal buka puasa:

1. Kurma

Makanan praktis dan sehat ini sangat disarankan sebagai menu bukaan. Khasiatnya mengandung serat tinggi dan mampu mengatasi sembelit dan mengatur kadar gula darah.

2. Green tea

Minuman sehat dan kaya antioksidan ini, mampu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam darah.

3. Kolak pisang

Makanan yang dibuat dengan bahan dasar gula ini mampu mengisi energi orang yang habis menjalankan puasa seharian. Namun, hal yang harus diingat adalah pemakaian gula yang seimbang dan menggunakan bahan alami di dalamnya.

4. Oatmeal

Makanan yang dapat dibuat secara praktis ini memiliki kandungan tinggi serat, yang mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sedangkan, untuk menu sehat yang aman dikonsumsi saat sahur yaitu:

1. Roti bakar (Toast Bread)

Roti bakar yang menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh sangat baik dikonsumsi saat sahur. Perannya berguna untuk membuat perut terasa lebih kenyang dan kuat untuk menahan rasa lapar saat berpuasa.

2. Membuat sereal

Sereal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Dikonsumsi bersamaan dengan susu cair, membuat tubuh terasa lebih kenyang dan siap untuk berpuasa selama 12 jam.

3. Membuat rice bowl

Rice bowl yang dibuat boleh ditambahkan dengan menu pendamping ayam maupun daging sebagai sumber protein, dan kandungan serat serta nutrisi dari tumis sayur yang dibuat. Ketika semua kandungan tersebut masuk ke dalam tubuh, maka tubuh Anda akan merasa cukup karena sumber energi dapat terpenuhi dengan baik.

4. Sup ayam

Makanan sehat dan lezat ini mampu meningkatkan hidrasi pada tubuh, dan sangat aman dikonsumsi bagi para penderita gerd. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro