Ilustrasi dapur mungil/www.diynetwork.com
Entertainment

Mendekorasi Dapur dengan Sentuhan Ramadan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 21 Maret 2024 - 21:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan, membuat aktivitas di dapur menjadi lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya.

Dari memasak besar untuk buka puasa dan sahur untuk keluarga, membuat takjil disantap bersama, hingga membuat kue kering untuk sajian lebaran.

Selama bulan puasa juga Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga saat sahur dan berbuka.

Sebastian Yoel Irwan, Direktur PT. Wisma Ateson Indonesia yang menaungi Ateson Home mengatakan rumah termasuk dapur merupakan cerminan dari gaya hidup dan kepribadian penghuninya.

“Maka dari itu, bulan ramadan adalah waktu yang tepat untuk menghidupkan kembali suasana dapur dengan sentuhan dekoratif yang sesuai dengan semangat Ramadhan”, ujarnya.

Berikut ini beberapa inspirasi dekorasi dapur dengan sentuhan ramadan yang bisa Anda terapkan

1. Cahaya Lilin dan Lampu Hias

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan suasana Ramadhan di dapur adalah dengan memanfaatkan cahaya lilin yang lembut dan lampu hias. Letakkan lilin-lilin dengan aroma yang menyenangkan di sekitar dapur untuk memberikan sentuhan hangat dan menenangkan. Anda juga bisa menggantung lampu hias dengan desain yang khas Ramadhan, seperti bentuk bulan sabit atau bintang, untuk menciptakan atmosfer yang magis di ruangan.

2. Nuansa Tradisional dengan Taplak Meja dan Sarung Kursi

Tambahkan sentuhan tradisional pada dapur Anda dengan menggunakan taplak meja dan sarung kursi berwarna-warni atau dengan motif yang khas Ramadhan, seperti motif arabesque atau motif geometric yang terinspirasi dari seni Islam. Pilih warna-warna yang ceria dan cerah untuk memberikan kesan yang segar dan menyenangkan di ruangan.

3. Hiasan Dinding yang Bermakna

Hiasi dinding dapur Anda dengan kaligrafi Arab, ayat-ayat Al-Quran, atau kutipan-kutipan yang memotivasi dan menginspirasi. Anda juga bisa memajang gambar-gambar yang berhubungan dengan Ramadhan, seperti masjid-masjid indah, gambar bulan sabit, atau lukisan-lukisan yang menggambarkan suasana bulan suci ini.

4. Tampilan Meja Makan yang Menarik

Buatlah tampilan meja makan yang menarik dengan menggunakan piring-piring keramik berwarna-warni atau dengan motif yang khas Ramadhan. Sajikan hidangan-hidangan khas Ramadhan seperti kurma, buah-buahan segar, dan minuman tradisional seperti jus kurma atau air kamaruddin untuk menambahkan nuansa khusus pada meja makan Anda.

5. Tanaman Hijau di Dalam Ruangan

Tambahkan sedikit sentuhan alam ke dalam dapur Anda dengan menempatkan tanaman hias di dalam ruangan. Pilih tanaman-tanaman yang mudah perawatannya dan cocok untuk tumbuh di dalam ruangan, seperti tanaman kaktus atau tanaman daun hijau. Tanaman-tanaman ini tidak hanya akan menambahkan keindahan visual pada dapur Anda, tetapi juga akan menciptakan suasana yang lebih segar dan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro