Manfaat minum air putih/Mens Health
Health

10 Tips Mencegah Gerd Selama Puasa

Redaksi
Senin, 25 Maret 2024 - 15:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gerd atau penyakit asam lambung adalah salah satu gangguan yang mempengaruhi sistem pencernaan pada tubuh. Simak cara mencegah gerd saat puasa. 

Penyakit gerd ini disebabkan oleh kurangnya asupan bahkan kelebihan asupan pada sistem pencernaan. Orang yang menderita gerd wajib makan dalam jumlah yang pas dan mengonsumsi makanan secara berkala. Apabila kekurangan bahkan kelebihan asupan, maka akan berdampak langsung terhadap efek gerd yang dihasilkan dari sistem pencernaan tersebut.

Selama berpuasa, tubuh Anda tidak dapat mengonsumsi makanan selama 12 jam. Dalam 12 jam tersebut, otomatis sistem pencernaan pada tubuh tidak dapat bekerja secara optimal.

Sumber tenaga yang dihasilkan, berasal dari makanan dan minuman saat melaksanakan ibadah sahur. Melalui sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur itulah yang membuat Anda kuat dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

Namun, bagi Anda yang memiliki gerd, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya gerd saat puasa. Untuk itu, silahkan simak beberapa tips yang dilansir dari healthline.com dibawah ini:

1. Konsumsi air putih yang banyak

Saat berpuasa, tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik, Untuk itu, konsumsi air putih sangat diperlukan untuk menghidrasi sekaligus menyejukkan bagi tubuh, Jika Anda mengalami gangguan sistem gerd secara terus menerus saat puasa, maka konsumsi air putih ini sangat bagus untuk menyerap kembali cairan yang telah habis.

2. Hindari minuman bersoda dan memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi

Soda dan kafein adalah minuman yang harus dihindari saat puasa. Hal tersebut dapat berakibat langsung pada sistem pencernaan dan berujung fatal. Soda dan kafein hanya dapat dikonsumsi apabila kondisi perut dalam keadaan aman dan terisi. Apabila kondisi perut kosong, minuman tersebut akan berdampak negatif bagi kesehatan lambung.

3. Hindari makanan yang berlemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti jeroan, kulit ayam, dan lainnya membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh perut. Hal ini akan mengakibatkan perut terasa sakit, nyeri, dan rasa mual. Lemak hanya akan menumpuk di dalam tubuh dan berdampak buruk bagi peningkatan berat badan.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Serat adalah kandungan yang sangat bermanfaat dan baik bagi sistem pencernaan tubuh. Jika sistem pencernaan manusia dapat berjalan dengan lancar, maka perut akan terasa kenyang lebih lama.

Apabila perut terasa kenyang lebih lama, otomatis tubuh Anda akan mengurangi makanan lain yang akan masuk kedalam tubuh. Selain itu, serat akan memperlancar proses buang air besar dan menyumbat sistem pencernaan yang terganggu.Anda dapat mengonsumsi buah yang kaya akan serat seperti apel, pir, alpukat, dan lainnya.

5. Hindari tidur saat posisi perut kenyang

Jika Anda baru saja melakukan kegiatan makan dalam rentang waktu yang sebentar, maka Anda harus menghindari waktu tidur. Tidur setelah melakukan aktivitas makan hanya akan membuat isi perut naik ke atas, dan menimbulkan rasa nyeri dan mual pada area perut. Setelah itu, efek yang dihasilkan akan membuat kondisi perut tidak nyaman dan sebah.

6. Melakukan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah suatu kewajiban yang dilakukan oleh banyak orang. Hidup sehat tidak hanya berdampak secara jangka pendek saja, melainkan untuk keberlangsungan hidup yang lebih lama.

Lakukan olahraga ringan setiap harinya, supaya kesehatan lebih terjaga dan membantu menstabilkan sistem kerja pada tubuh.

7. Diet rendah karbohidrat

Konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak akan memperburuk refluks asam. Apabila karbohidrat yang terlalu banyak tidak dapat dicerna dengan baik, maka akan menimbulkan adanya gas dan kembung pada perut. 

Batasi asupan karbohidrat dalam perut dalam jumlah yang seimbang. Anda dapat membatasi dan memilih karbohidrat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

8. Berhenti merokok

Merokok hanya memperburuk kesehatan pada tubuh. Apabila Anda penderita gerd, berhentilah dan hindari merokok untuk menghindari gerd yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Rokok hanya akan menimbulkan efek samping yang bahaya bagi kesehatan paru-paru, jantung, dan sistem pencernaan manusia.

9. Kelola pikiran

Mengelola pikiran untuk tetap terjaga dan fokus pada hal-hal yang positif sangat diperlukan bagi para penderita gerd. Terkadang pikiran akan mempengaruhi keadaan sekitar. Jadi dalam setiap kondisi apapun, Anda harus mengelola pikiran secara baik dan positif untuk hasil yang lebih baik.

10. Hindari makanan yang pedas dan asam

Makanan yang memiliki citarasa pedas dan asam sangat berbahaya apabila dikonsumsi saat puasa. Setelah berpuasa 12 jam, dan perut dalam keadaan yang kosong, tubuh hanya membutuhkan asupan yang dapat mengembalikan energi yang hilang selama 12 jam tersebut.

Apabila Anda konsumsi makanan asam dan pedas saat berbuka, maka reaksi yang dihasilkan oleh lambung adalah menolak dan menghasilkan gas yang menghambat sistem pencernaan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro