Daftar Makanan Bantu Pulihkan Imunitas Tubuh Setelah Terjangkit DBD
Health

Daftar Makanan Bantu Pulihkan Imunitas Tubuh Setelah Terjangkit DBD

Redaksi
Rabu, 27 Maret 2024 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali menjangkit ratusan orang di berbagai daerah. Setelah terpapar penyakit tersebut, tubuh perlu mendapatkan nutrisi agar mempercepat masa pemulihan dan meningkatkan imunitas.

Diketahui, penyakit DBD kembali merambah yang membuat masyarakat menjadi cemas. Dilansir Bisnis, di kota Bandung kasus DBD menyentuh angka lebih dari 2.000 kasus.

Berbagai upaya tengah dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah dengan bekerja sama dengan stakeholder lainnya. Salah upayanya adalah melepaskan nyamuk Wolbachi untuk membasmi nyamuk penyebab demam berdarah.

Penting bagi Anda mulai meningkatkan imun untuk mencegah maupun memulihkan tubuh dari terpaan virus dengue itu.

Melansir dari netmeds.com ini rekomendasi makanan bantu pulihkan imunitas setelah terpapar DBD.

1. Makanan dengan Kandungan Vitamin C

Makanan mengandung vitamin c berperan penting dalam menjaga kesehatan. Pasalnya, vitamin C memiliki kandungan sifat anti-virus dan antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Untuk mendapatkan kandungan itu, Anda bisa mengonsumsi jeruk, leom, kembang kol, hinggap brokoli.

Selain itu, buah pepaya juga cocok untuk memulihkan kesehatan setelah terjangkit DBD. Hal ini karena pepaya mempunyai kandungan papain dan chymopapain yang berguna memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan jumlah trombosit.

2. Makanan Kaya Zat Besi

Ketika terjangkit DBD, trombosit dalam tubuh akan menurun yang membuat rasa lemas berkepanjangan.

Saat masa pemulihan, seseorang membutuhkan kandungan zat besi untuk memenuhi meningkatkan kadar trombosit lewat makanan yang kaya akan zat besi. Anda bisa mulai mengonsumsi daging, kacang-kacangan, dan sayuran.

3. Konsumsi Air Kelapa

Air kelapa tidak hanya bisa melepas dahaga, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terlebih untuk memulihkan kondisi kesehatan setelah terpapar DBD.

Kandungan garam dan mineral alami dalam kelapa membantu keseimbangan elektrolit serta menjaga tubuh tetap terhidrasi. Anda bisa meminumnya sebanyak dua gelas per hari. Anda juga memvariasikan dengan tambahan madu atau jeruk nipis.

4. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Vitamin K

Tak jauh berbeda dengan kandungan vitamin C. Vitamin K berguna dalam menaikan trombosit agar sel-sel dalam tubuh tetap optimal.

Makanan yang mengandung vitamin K cukup familiar ditemukan di pasaran, sehingga Anda lebih mudah mendapatkan makanan yang mengandung vitamin K, di antaranya kecambah, kangkung, bayam, alpukat, dan kiwi.

5. Makanan dengan Kandungan Kalori yang Cukup

Selama masa pemulihan, tubuh membutuhkan energi lebih agar kembali optimal. Disinilah peran makanan padat kalori penting dikonsumsi.

Usahakan Anda mengonsumsi susu, kentang, dan nasi dengan porsi yang sedikit lebih banyak dari biasanya, sehingga tubuh tidak mudah lemas dan mempercepat masa pemulihan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro