Gejala demensia sering dialami oleh lansia./AgingCare
Health

Tips Puasa Aman Bagi Lansia: Pastikan Asupan Gizi Terpenuhi

Redaksi
Kamis, 28 Maret 2024 - 21:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjalani puasa bagi pria atau wanita yang sudah lanjut usia pasti memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, di usia tersebut tubuh rentan mengalami masalah kesehatan sehingga memerlukan beberapa cara untuk menjalani puasa di usia lanjut.

Puasa yang mengharuskan seseorang tidak mengonsumsi makanan atau minuman selama 13 jam, pastinya bukan hal mudah untuk dijalankan seorang lansia. Terutama bagi lansia yang memiliki risiko penyakit tertentu.

Akan tetapi, ada tips-tips yang sudah Bisnis siapkan agar Anda atau saudara Anda yang berumur tidak lagi muda bisa tetap menjalani ibadah puasa, yaitu:

1. Perbanyak Makanan Bergizi
Pada saat sahur, pastikan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Usahakan kandungan makanan rendah lemak, garam, dan gula karena jika kadarnya terlalu tinggi membuat rasa lapar terjadi secara cepat.
Makanan yang dikonsumsi diwajibkan memiliki karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. Ada beberapa menu yang bisa dicicipi, seperti sayur sop, tumis kangkung, sayur bayam atau sawi, ayam kukus, tumis tempe bersama kacang panjang, hingga capcay.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Minum air putih acap kali dianggap sepele, padahal selama berpuasa tubuh cairan dalam tubuh akan berkurang dan meningkatkan risiko dehidrasi. Menurut Kementerian Kesehatan, dianjurkan untuk minum 2 liter air selama sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi di waktu puasa.

3. Olahraga Ringan
Olahraga merupakan aktivitas yang bisa meningkatkan metabolisme agar tubuh tetap bugar selama menjalani puasa. Tidak perlu melakukan olahraga secara berlebihan, cukup dengan jalan santai, yoga, dam senam sudah sangat cukup dilakukan oleh kalangan lanjut usia.

4. Perbanyak istirahat dan Ibadah
Istirahat yang cukup membuat tubuh tidak mudah lelah ketika memasuki waktu puasa. Usahakan tidur ketika siang hari dan tepat waktu saat di malam hari, mengingat adanya waktu sahur yang membuat jam tidur terpotong. Selain itu jangan lupa beribadah secara intens dengan Allah agar rahmatnya bisa memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas di bulan puasa.

5. Cek Kesehatan
Rutinlah memeriksa kesehatan ke puskesmas atau rumah sakit untuk mengontrol dan mendeteksi masalah kesehatan. Langkah ini juga menjadi cara berkonsultasi dengan dokter agar kondisi tubuh tetap bugar dan bisa menjalani puasa hingga Idulfitri.

6. Jangan Lupa Mengkonsumsi Obat
Bagi beberapa lansia sudah mulai ketergantungan dengan obat. Hal ini tidak boleh terlewatkan saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, ini mencegah kambuhnya penyakit yang bisa mengganggu ibadah puasa. Perlu diingat, obat yang dikonsumsi harus sesuai resep dokter agar tubuh tidak mengalami kompleksitas penyakit yang diakibatkan kesalahan mengonsumsi obat. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro