Timun suri memiliki khasiat yang  baik bagi kesehatan
Health

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Sabtu, 30 Maret 2024 - 22:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Timun suri sering menjadi santapan saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Buah ini sering dijadikan es buah, karena memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Buah timun suri juga memiliki antioksidan yang bagi untuk tubuh dan bisa memaksimalkan fungsi metabolisme tubuh saat sedang berpuasa.

Manfaat timun suri saat sedang bulan puasa:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Dalam satu hari, tubuh manusia membutuhkan serat sebanyak 20-30 gram. Timun suri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan khususnya sembelit.

Kandungan serat yang ada di dalam timun suri akan memperlancar sistem pencernaan, dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Mengurangi berbagai risiko penyakit

Timun suri memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini yang diperkaya dengan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Antioksidan memiliki banyak manfaat yang baik untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Konsumsi timun suri secara cukup akan membantu Anda dalam menangkal segala radikal bebas seperti paparan sinar matahari, rokok, dan lainnya.

3. Menjaga kesehatan tulang

Membahas mengenai kesehatan tulang tentunya tidak asing dengan vitamin D. Kandungan vitamin D memiliki berbagai khasiat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tulang dengan baik.

Tidak hanya kandungan vitamin D saja, melainkan zat besi, nutrisi, dan fosfor juga dimiliki oleh timun suri yang memberikan perlindungan bagi kesehatan tulang.

4. Menurunkan risiko anemia

Anemia merupakan kondisi dimana manusia kekurangan darah didalam tubuh. Kandungan zat besi yang terdapat dalam timun suri, sangat membantu perkembangan darah yang baik bagi tubuh.

Timun suri tidak hanya diperkaya dengan kandungan zat besi saja, kandungan nutrisi, fosfor, antioksidan yang ada didalamnya sangat membantu mengoptimalkan sistem kerja pada tubuh.

5. Memenuhi cairan pada tubuh

Selama menjalani puasa 12 jam tubuh manusia mengalami kondisi penurunan akibat adanya kekurangan cairan pada tubuh. Untuk itu, dibutuhkan konsumsi air yang cukup saat sahur maupun berbuka.

Timun suri memiliki kandungan air yang cukup baik untuk mengisi sekaligus mempertahankan kualitas tubuh selama berpuasa. Untuk itu, konsumsi timun suri dapat dilakukan secara rutin dan sesuai porsi supaya tubuh dapat terhidrasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro