Ilustrasi April Mop/Freepik
Entertainment

Asal-usul Lahirnya April Mop, Hari Lelucon yang Dirayakan Setiap 1 April

Restu Wahyuning Asih
Senin, 1 April 2024 - 08:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 1 April dirayakan setiap tahunnya sebagai April Mop atau April Fools' Day oleh orang-orang di dunia.

Biasanya saat April Mop, orang-orang akan memberikan kejutan berupa lelucon atau prank.

Orang akan datang dengan ide-ide lucu untuk mengejutkan orang yang mereka cintai atau teman. Mereka kemudian mengungkapkan pada akhirnya bahwa itu semua palsu dan hanya untuk meramaikan April Mop. 

Dalam sejarahnya, siapa sangka bahwa April Mop telah dirayakan oleh masyarakat yang berasal dari berbagai budaya selama berabad-abad. Ada yang mengatakan bahwa April Mop pertama kali dirayakan di Eropa. 

Berikut ini sejarah dan asal-usul lahirnya April Mop atau April Fool's Day yang dirayakan setiap tanggal 1.

Sejarah April Mop

Melansir History Channel, asal usul April Mop masih menjadi misteri kendati dirayakan di masyarakat maupun melalui berbagai saluran media.  

Namun beberapa sejarawan berspeskulasi bahwa asal usul April Fool's Day terjadi pada 1582 ketika peralihan dari Kalender Julius ke Kalender Gregorius seperti yang diminta oleh Dewan Trent pada tahun 1563. 

Dalam Kalender Julius, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan titik balik musim semi sekitar 1 April.

Masyarakat yang terlambat mengetahui atau tidak tahu menahu bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari terus merayakan pergantian tahun hingga akhir Maret sampai dengan 1 April.

Orang-orang tersebut menjadi obyek lelucon dan kabar bohong yang disebut "April Fools". Lelucon yang diberikan kepada mereka termasuk menempatkan potongan kerta berbentuk ikan di punggung mereka yang disebut "poisson d'avril" atau ikan April. Lelucon itu melambangkan ikan yang mudah ditangkap maupun orang yang mudah ditipu.

Di sisi lain, beberapa sejarawan juga ada yang menghubungkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria (Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele.

Festival tersebut diikuti oleh orang-orang yang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesama warga hingga hakim. 

Sejumlah sejarawan juga kerap menghubungkan sejarah April Mop dengan hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara (vernal equinox), atau suatu tradisi Skotlandia pada abad 18 ketika orang-orang dikirim untuk melakukan tugas palsu. 

Lelucon pada April Fool's Day pun berlanjut hingga saat ini. Lelucon dan tipuan bahkan disampaikan di berbagai saluran media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro