Ilustrasi April Mop/Freepik
Entertainment

Simak Beberapa Fakta Unik Dibalik Tren April Mop

Redaksi
Senin, 1 April 2024 - 14:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - April Mop atau April Fools merupakan salah satu perayaan yang dilakukan dalam konteks lelucon antar masyarakat. Hal ini dilakukan setiap bulan April tepatnya setiap tanggal 1 April.

Asal muasal dari April Mop ini berasal dari negara bagian barat khususnya Eropa. Dimana masyarakat disana melakukan hal-hal konyol yang memperlihatkan kebodohan orang lain terhadap suatu hal. Lelucon yang dibuat adalah untuk meminta respon dari banyak orang atas aksi yang sedang dijalani

Masing-masing negara memiliki makna April Mop yang berbeda. Seperti di Prancis dan Skotlandia, April Mop dilakukan sebagai bentuk kejahilan dengan cara menempelkan kertas berupa tulisan. Contohnya seperti tulisan “Tendang saya” yang ditempelkan pada salah satu pundak dan baju korban. Nantinya, orang lain akan sadar dan segera melakukan tindakan tersebut, sesuai dengan perintah yang ada.

Di Indonesia sendiri April Mop kerap dijadikan bahan candaan semata dalam bentuk meme maupun perkataan secara langsung. Banyak masyarakat yang membuat tren April Mop ini untuk mengutarakan perasaan kepada pujaan hatinya.

Jika perasaan tersebut ditolak, maka Anda dapat mengatakan “Tapi bohong, ini April Mop hahahaha.” Tren seperti dimanfaatkan oleh laki-laki yang tidak berani mengungkapkan perasaannya secara langsung, sehingga memanfaatkan momen seperti ini terlebih dahulu.

Simak fakta dibalik April Mop yang membuat banyak orang tertipu:

1. Berawal sejak tahun 1500-an

April Mop ini sudah ada sejak 1500-an, setelah adanya pergeseran dari kalender Julian ke kalender Gregorian yang mulai tahun baru pada tahun 1 Januari. Sebagian masyarakat tidak mengetahui hal tersebut dan diejek oleh masyarakat lainnya, karena masih berpatokan dengan kalender lama.

2. Membahas mengenai hal yang konyol

Setiap April Mop terjadi, tentunya disertai dengan beberapa hal konyol seperti prank maupun kejahilan lainnya. Beberapa orang memanfaatkan momen ini untuk melancarkan aksi jahil kepada kerabat maupun sahabat terdekat.

Semakin unik kejahilan yang dibuat, maka makin banyak pula orang yang tertawa melihat aksi kebodohan dari orang-orang yang tertipu tersebut.

3. Memiliki banyak nama sebutan yang sama

Nama April Mop di beberapa negara memiliki sebutan lain berupa April Noddy Day, Huntigowk Day, Gowkie Day, dan sebagainya. Meski memiliki sebutan yang berbeda, tetapi arti dan maknanya sama dengan April Mop.

Masyarakat akan membuat aksi dan beberapa hal konyol terhadap orang lain. Maka dari itu, setiap aksi yang dilakukan dengan cara menempelkan stiker, tempelan kertas, ataupun hal lain pada pundak seseorang tanpa diketahui orang tersebut. Semakin konyol aksi tersebut, maka semakin banyak orang yang merasa terhibur.

4. Identik dilakukan di negara Barat

Ciri khas dari April Mop ini dilakukan oleh masyarakat di wilayah negara Barat. Hal ini mungkin saja didasari atas dasar keterbukaan dan kebebasan yang dimiliki oleh setiap masyarakat yang ada disana.

Mereka dapat melakukan hal konyol dan lelucon apapun tanpa harus memikirkan risiko yang akan terjadi. Beda halnya dengan di Indonesia, yang setiap masyarakatnya memiliki batasan terhadap orang-orang yang ada disekitarnya. April Mop di Indonesia hanya dijadikan sebagai candaan semata dan tidak untuk konsumsi publik.

5. Mencurigakan

Dikatakan mencurigakan karena ketika aksi ini dilakukan, orang lain akan tidak sadar atas apa yang dilakukan oleh pelaku, hingga akhirnya orang lain merasa terbodohi dan telat menyadari hal tersebut.

Respon yang dilakukan adalah kesal dan tertawa. Kesal karena telat menyadari hal konyol tersebut, dan tertawa melihat kebodohan diri sendiri.

Jika Anda mendapatkan pesan atau perilaku yang mencurigakan dari orang terdekat di bulan April, sebaiknya jangan terlalu percaya. Kemungkinan besar hal tersebut dilakukan dalam bentuk tren April Mop. Namun, selama hal tersebut dilakukan dalam bentuk yang wajar, maka anggaplah sebagai hiburan semata dan bentuk membahagiakan orang lain. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro