Cek berat badan dengan menimbang badan rutin/Istimewa
Health

Tips Mengontrol Berat Badan Usai Lebaran

Redaksi
Rabu, 3 April 2024 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika Hari Raya Idulfitri tiba tentu banyak sekali hidangan yang disajikan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Tidak bisa dipungkiri makanan khas Indonesia banyak sekali yang mengandung lemak dan minyak sehingga dapat mempengaruhi kenaikan berat badan.

Banyak orang yang mengabaikan asupan makanan yang dikonsumsi saat hari raya, hal tersebut bisa terjadi karena mereka merasa bahwa inilah hari yang tepat untuk menyantap segala jenis hidangan tanpa waktu yang ditentukan seperti saat sedang berpuasa.

Orang yang tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh hanya akan memperburuk kondisi kesehatan, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan beberapa penyakit salah satunya yakni obesitas.

Dilansir dari english.ahram.org.eg dan darya-varia.com, mengontrol berat badan saat hari raya dapat menjadi upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Simak cara mengontrol berat badan setelah Idulfitri:

1. Mengendalikan pola makan

Pola makan menjadi kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh keseluruhan apabila pola makan yang dijalani tidak sehat maka tubuh akan mengalami beberapa masalah untuk itu wajib memperhatikan pola makan yang dijalani.

Upaya yang dapat dilakukan dalam mengontrol berat badan setelah idulfitri yakni melalui asupan makanan yang sehat, mulai sekarang cobalah berhenti mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak serta minyak.

Saat Lebaran tiba perhatikan juga porsi makanan yang dikonsumsi terutama makanan yang mengandung santan seperti rendang atau opor dan makanan yang mengandung minyak.

Mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang sedikit membantu dalam menurunkan risiko gangguan pencernaan sehingga dapat membantu dalam mengontrol berat badan.

2. Berhenti makan ketika sudah merasa kenyang

Hidangan makanan yang sangat beragam tentunya menambah nafsu makan saat hari raya sehingga tidak sedikit dari mereka mengabaikan kapasitas perutnya, jika hal ini dibiarkan begitu saja akan berdampak pada kenaikan berat badan. Mulai sekarang cobalah untuk berhenti mengonsumsi makanan dan minuman ketika sudah merasa kenyang agar tidak melebihi batas asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan mengurangi risiko gangguan sistem pencernaan.

3. Berolahraga

Banyak sekali manfaat yang diberikan ketika melakukan olahraga salah satunya yakni dapat membantu dalam mengontrol berat badan. Mulai sekarang cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin setiap harinya selama 30 menit, olahraga yang dapat dilakukan seperti berjalan kaki, jogging, lari, dan bersepeda.

Ketika hari raya tiba, Anda dapat berolahraga dengan cara berjalan kaki untuk bersilaturahmi bersama keluarga, usahakan memarkir kendaraan dengan jarak yang cukup jauh dari rumah keluarga semakin jauh jarak nya maka semakin banyak juga kalori yang dibakar dalam tubuh.

4. Minum air putih dengan cukup

Pada saat hari raya banyak sekali minuman manis yang dihidangkan tidak terkecuali minuman-minuman kemasan. Mengonsumsi minuman manis secara berlebihan hanya akan berdampak buruk pada kesehatan seperti peningkatan berat badan, diabetes hingga menimbulkan kanker.

Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi air putih dengan cukup yakni dengan 8 gelas setiap harinya, hal ini dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi sehingga dapat membatasi konsumsi minuman manis secara berlebihan.

5. Mengonsumsi buah dan sayur

Kaya akan kandungan serat, vitamin, serta mineral menjadikan buah dan sayur sangat sehat untuk dikonsumsi. Banyak manfaat yang diberikan apabila mengonsumsinya yakni dapat menurunkan kadar kolesterol, gula darah hingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. 

Bagi Anda yang ingin mengontrol berat badan maka dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur, mengonsumsinya dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga dapat mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi.

6. Mengonsumsi serat

Upaya yang dapat dilakukan dalam mengontrol berat badan yakni melalui asupan serat, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, buah-buahan, roti gandum, dan nasi merah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan serat pada makanan dapat mengurangi total asupan kalori dalam tubuh sehingga dapat membantu dalam mencegah penambahan berat badan. 

7. Mengonsumsi protein

Asupan protein yang baik dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, hal ini bisa terjadi karena protein secara otomatis mengurangi asupan kalori yang mempengaruhi nafsu makan melalui peningkatan metabolisme dan hormon sehingga dapat menjaga tubuh dari kenaikan berat badan.

Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumi makanan yang kaya akan protein seperti ayam, daging, ikan, telur, dan brokoli. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro