Diet Sehat Cepat Turunkan Berat Badan. Menu sarapan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi/Freepik
Health

Tips Diet Sehat Cepat Turunkan Berat Badan

Redaksi
Kamis, 7 Maret 2024 - 18:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, diet tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Upaya menurunkan berat badan melalui diet juga harus didukung dengan pola hidup sehat, di antaranya dengan cukup cukup dan rutin beolahraga. 

Berikut 9 tips diet sehat cepat turunkan berat badan, dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan:

1. Wajib sarapan

Sarapan sangat penting agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, dengan sarapan anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga dorongan untuk makan berlebihan akan berkurang.

Saat sarapan, pilihlah makanan yang sehat dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan serat seperti telur, susu skim, buah, sayuran, dan kacang.

2. Hindari minuman manis

Hindari minuman manis seperti soda, es teh manis, smoothies, yoghurt manis, jus buah kemasan, dan minuman berenergi. Sebab minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan.

3. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih sebelum makan dapat membuat anda merasa lebih kenyang sehingga porsi makan lebih sedikit. Biasakan diri anda untuk minum air putih 30 menit sebelum makan.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut dapat membuat anda kenyang lebih lama. Serat larut dapat diperoleh dari makanan berupa kacang-kacangan, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, alpukat, jambu biji, dan oat.

5. Konsumsi kopi dan teh

Minuman berkafein seperti kopi dan teh mampu meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam tubuh. Ketika kadar hormon epinefrin meningkat, lemak tubuh akan mudah dipecah sehingga berat badan akan turun.

6. Hindari makanan olahan

Hindari konsumsi makanan olahan seperti buah kering, frozen food, makanan cepat saji, roti, kue, biskuit, daging olahan, dan sayuran kaleng. Sebaliknya anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah, sayuran, ikan, dan kacangan-kacangan sebab lebih bergizi dan membuat anda kenyang lebih lama.

7. Konsumsi makanan secara perlahan

Makan dengan cepat dapat memicu kenaikan berat badan. Oleh karenanya, makanlah secara perlahan agar tubuh dapat menyesuaikan rasa kenyang dengan jumlah makanan yang dikonsumsi.

8. Olahraga secara rutin

Selain menjaga asupan makanan, olahraga secara rutin juga diperlukan dalam proses menurunkan berat badan. Olahraga kardio dan olahraga yang melatih ketahanan tubuh seperti angkat beban merupakan pilihan bagus untuk menurunkan berat badan.

9. Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang buruk turut memberikan andil terhadap kenaikan berat badan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga kualitas tidur anda dengan tidur yang cukup setiap hari. (Maria Hermina Kristin) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro